Strategi Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Tunanetra

Fitriani Harum Sari, Endang Prastini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik tunanetra di kelas X di Sekolah Khusus Islam Terpadu (SKhIT) Yarfin Kota Tangerang Selatan dan mengindentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik tunanetra kelas X Sekolah Khusus Islam Terpadu (SKhIT) Yarfin Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif, untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik tunanetra, yang kemudian dideskripsikan kedalam laporan penelitian sesuai dengan jenisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil wawancara, strategi guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik tunanetra kelas X di SKhIT Yarfin Kota Tangerang Selatan yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi seperti ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta memberikan apresiasi atau penghargaan berupa nilai ekstra kepada peserta didik yang aktif dalam diskusi dan tanya jawab. Mengingat proses pembelajaran bagi peserta didik tunanetra sangat memerlukan strategi khusus dan metode yang sesuai agar materi pelajaran mudah dipahami dan peserta didik antusias dalam proses belajar mengajar maka antara metode pembelajaran dan motivasi saling berkaitan.

References


Lestari, Endang Titik. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Peserta didik Sekolah Dasar. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sardiman. (2018). Interaksi & motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sutikno, M Sodry. (2021). Strategi Pembelajaran. Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Wahyuni, S., & Bhattacharya, S. (2021). Strategy of Islamic Religious Education Teachers in Increasing Student Learning Motivation. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i2.22




DOI: http://dx.doi.org/10.47256/jhnb.v1i2.353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


______________________________________________________________________________________________________

Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.