Analisis Fonologi Pemerolehan Bahasa Anak pada Usia 2,4 Tahun

Yeni Rahmawati, Anggit Tiyas Fitra Romadani, Rahmat Hidayat

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pemerolehan vokal pada anak usia 2 tahun 4 bulan, (2) untuk mengetahui pemerolehan konsonan pada anak usia 2 tahun 4 bulan, dan (3) untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi pemerolehan fonologi pada anak usia 2 tahun 4 bulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Wawancara, observasi, catatan harian, dokumentasi, dan rekaman adalah semua metode yang digunakan untuk mengumpulkan data.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pemerolehan bunyi vokal pada anak usia 2 tahun 4 bulan yang paling banyak adalah huruf [a] di tengah dengan jumlah 32, [i] di tengah dengan jumlah 14, [u] di tengah dengan jumlah 13, [e] di tengah dengan jumlah 11, [o] di tengah dengan jumlah 4. Selanjutnya, pengucapan vokal gabungan [au] berjumlah 2, [ai] berjumlah 1, dan [ua] berjumlah 1. Sementara itu, jumlah huruf konsonan bilabial yang diucapkan oleh Keenand yang paling banyak adalah [p] berjumlah 7 dan [m] berjumlah 7. Jumlah huruf konsonan alveolar yang paling banyak adalah [s] dengan jumlah 6. Jumlah huruf  konsonan palatal yang paling banyak adalah [c] berjumlah 4. Jumlah huruf konsonan velar yang paling banyak [k] berjumlah 2.


References


Asriani, P., Afuri, R., Afriana, R., & Riau, U. I. (2023). Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia Dini. Sajak, 2(2), 185–190. https://doi.org/https://journal.uir.ac.id/index.php/sajak/article/view/11770/5398

Dardjowidjojo, S. (2014). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Yayasan Obor Indonesia.

Diastuti, I. M. (2019). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 1,5 Tahun. Pendidikan Tambusai, 3(4). https://doi.org/https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/292/270

Elberti, I. P. (2021). Pemerolehan Bahasa Anak Usia Dua Tahun Dalam Bahasa Sehari - Hari. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 46–57. https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i2.3682

Firdhayanty, F. (2021). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 sampan 4 Tahun: Kajian Psikolinguistik. Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 1(1), 45–50. https://doi.org/10.59562/wl.v1i1.27466

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Rahmawati, Y. (2020). Analisis sintaksis pemerolehan bahasa anak usia 2,1 tahun. Jurnal Sastra Indonesia, 9(3), 158–164. https://doi.org/10.15294/jsi.v9i3.42793

Sentosa, A. R., & Apriliani, N. (2020). Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia Dini (Kajian Psikolinguistik). Seminar Nasional Pendidikan, 1–7.

Setiawan, C., Muamaroh, D. N. N., & Wargadinata, W. (2023). Proses Pemerolehan Bahasa Anak Usia Dini pada Tataran Fonologi: Analisis Psikolinguistik. Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 22–32. https://doi.org/10.26418/ekha.v6i1.60446

Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160

Yanti, P. G. (2016). PEMEROLEHAN BAHASA ANAK: KAJIAN ASPEK FONOLOGI PADA ANAK USIA 2 - 2,5 TAHUN. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(2), 131–141. https://doi.org/10.22236/imajeri.v2i2.5084




DOI: http://dx.doi.org/10.47256/jhnb.v1i2.413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


______________________________________________________________________________________________________

Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.