Menumbuhkan Minat Belajar Siswa melalui Media Buku Bergambar dalam Pembelajaran di Tingkat MI/SD

'Abidah Khoirunna'imah, Bakti Fatwa Anbiya

Abstract


Pembelajaran yang efektif memerlukan penggunaan media yang tepat karena media memiliki peran penting dalam pembelajaran. Salah satu media yang dapat meningkatkan minat belajar siswa adalah buku bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan buku bergambar sebagai media belajar dalam pembelajaran baik di tingkat MI/SD. Dengan fokus pada peningkatan kreativitas dan motivasi siswa, penelitian ini menggunakan pendekatan kajian kualitatif kepustakaan dengan mengumpulkan referensi teoritis yang relevan. Buku bergambar tidak hanya memfasilitasi pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran, tetapi juga merangsang minat belajar melalui visualisasi yang menarik. Komponen-komponen penting dalam pembelajaran, seperti tujuan, bahan terbuka, metode, alat/media, dan evaluasi, juga menjadi faktor penentu keberhasilan proses pembelajaran. Guru berperan sebagai penyampai informasi, sementara siswa menjadi subjek pembelajaran yang perlu dipahami dan dikembangkan. Dengan memanfaatkan buku bergambar yang dikembangkan berdasarkan kurikulum, diharapkan siswa dapat mencapai hasil pembelajaran yang memuaskan sesuai dengan tujuan pendidikan. Kesimpulannya, penggunaan media buku bergambar dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran baik di tingkat MI/SD.

Full Text:

PDF

References


Ali, H. M. (2000). Guru dalam proses belajar mengajar. PT Sinar Baru Algensindo.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaraan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Creswell, John W, 2014, Penelitian Kualitatif & Desain Riset, Yogyakarta, Pustaka Pelajar

Farenda, M. F. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Literasi Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Literasi Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar.

Hasan, M., et al. (2021). Media pembelajaran.Klaten: Tahta Media Group

Jannah, R., Tahir, M., & Setiawan, H. (2021). Pengembangan Media Buku Bergambar Materi Menulis Puisi Kelas IV SDN Jango Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 2(1), 14–25.

Mahdalena, M. (2022). Pengaruh Minat Belajar, Dukungan Orang Tua Dan Lingkungan Belajar Terhadap Perilaku Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa (Studi Faktor Yang Mempengaruhi Prilaku Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4, 5 dan 6 Pada SDN Binuang 4 da. KINDAI, 18(2), 332–351.

Mawarni, A. I., et al. (2024). Kelayakan Video Pembelajaran Berbasis Platform Youtube Pada Makanan Pembuka (Hot Dan Cold Appetizer) Terhadap Pemahaman Siswa. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8(1), 149–162.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–187.

Rahayu, F. (2017). Pengaruh kemandirian belajar, minat belajar, disiplin belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa. Jurnal STKIP PGRI Tulungagung, 8–17.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2011). Media Pengajaran, Sinar Baru Algensindo: Bandung, cet. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Tarigan, N. T. (2019). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 2(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.47256/jhnb.v2i1.500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


______________________________________________________________________________________________________

Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.