ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK WISATA DAN FASILITAS TERHADAP MINAT UNTUK MENGUNJUNGI KE POS BLOC, JAKARTA

Jennie Chang, Dewanta Facrureza

Abstract


Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana daya tarik dan fasilitas berpengaruh terhadap minat kunjung wisatawan ke Pos Bloc yang berlokasi di Pasar Baru, Jakarta Pusat serta memberikan masukan bagi pengelola sebagai bahan pertimbangan untuk mencari tahu daya tarik apa yang dapat dikembangkan dikemudian hari dan untuk mempertahankan serta meningkatkan fasilitas yang sudah ada agar tetap terawat dan terjaga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuisioner sebanyak 100 sampel. Pertama, hasil penelitian menunjukan daya tarik memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat berkunjung secara parsial. Kedua fasilitas memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat berkunjung secara parsial. Ketiga, daya tarik dan fasilitas secara simultan memiliki pengaruh yang yang positif dan signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan ke Pos Bloc, Pasar Baru, Jakarta Pusat. Kesimpulan dari penelitian ini, daya tarik maupun fasilitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung baik secara parsial maupun simultan. Oleh sebab itu, Pos Bloc, Pasar Baru harus mempertahankan daya tarik dan fasilitas yang telah dimiliki.

 

Abstract

This study aims to determine how attractions and facilities affect tourist interest in visiting Pos Bloc located in Pasar Baru, Central Jakarta and provide input for managers as a consideration to find out what attractions can be developed in the future and to maintain and improve existing facilities so that they are maintained and maintained. This study uses a quantitative approach with data collection through a questionnaire of 100 samples. First, the results showed that attractiveness has a positive and significant effect on visiting interest partially. Second, facilities have a positive and significant effect on interest in visiting partially. Third, the attractiveness and facilities simultaneously have a positive and significant influence on tourist interest in visiting Pos Bloc, Pasar Baru, Central Jakarta.  The conclusion of this study is that attractiveness and facilities have a positive and significant influence on visiting interest both partially and simultaneously. Therefore, Pos Bloc, Pasar Baru must maintain the attractions and facilities that it already has.



Keywords


Daya Tarik; Fasilitas; Minat Berkunjung

References


Ahdiat, A. (2022). 0 Provinsi Terpadat di Indonesia, Jakarta Juara. https://databoks.katadata.co.id/infografik/2022/09/06/10-provinsi-terpadat-di-indonesia-jakarta-juara

Albarq, A. N., Science, A., & Science, A. (2014). Measuring the Impacts of Online Word-of-Mouth on Tourists ’ Attitude and Intentions to Visit Jordan : An Empirical Study. 7(1), 14–22. https://doi.org/10.5539/ibr.v7n1p14

Asdi. (2018). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN PADA OBYEK WISATA A. 1, 85–90.

Dezury, A. E., Auliya, A., & Program, V. E. (2022). The Development Of Pasar Baru Area As Tourist Destinations In Central Jakarta. Journal of Indonesia Tourism and Policy Studies, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.7454/jitps.v7i1.277

Fikiya, M., Fathoni, M. A., & Yetty, F. (2021). Pengaruh 4A Pariwisata Halal Terhadap Kepuasan Wisatawan Berkunjung ke DKI Jakarta. Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 2(1), 348–364.

Hibberts, M., Johnson, R. B., & Hudson, K. (2012). Common Survey Sampling Techniques. Handbook of Survey Methodology for the Social Sciences, 1–520. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-3876-2

Iswidyamarsha, C., & Dewantara, Y. F. (2020). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Promosi Terhadap Minat Berkunjung Di Dunia Air Tawar Dan Dunia Serangga Tmii. Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata, 3(2), 72–80. https://doi.org/10.32528/sw.v3i2.3849

Karimah, S., & Hastuti, H. (2019). the Development Strategy of Lake Kelimutu Tourist Attraction in Ende Regency. Geosfera Indonesia, 4(2), 188. https://doi.org/10.19184/geosi.v4i2.9222

Kerap, V. T., Lumanauw, B., & Lintong, D. C. . (2022). Pengaruh Advertising, Daya Tarik Wisata Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Di Pantai Tulap Kecamatan Kombi Kabupaten Minahasa. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 317. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.41829

Khairi, M., & Darmawan, D. (2021). Journal of Marketing and Business Research. Journal of Marketing and Business Research, 1(1), 39–50.

Kurniasari, H., Ekonomi, F., & Bisnis, D. A. N. (2019). DESTINATION IMAGE DAN DESTINATION BRANDING.

Marpaung, B. (2019). Pengaruh daya tarik, kualitas pelayanan, fasilitas dan keselamatan dengan kepuasan wisatawan sebagai variabel interventing terhadap minat kunjungan ulang wisatawan. 1, 144–156.

Maulidi, W. S. (2019). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) DI INSTAGRAM TERHADAP MINAT BERKUNJUNG DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG (SURVEI PADA WISATA MUARA BENGAWAN SOLO, GRESIK) (p. 182).

Rachmadhania, N., Pangestuti, E., Brawijaya, F. I., & Brawijaya, U. (2017). PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN ONLINE TERHADAP MINAT BERKUNJUNG. 46(1), 210–217.

Setiawan, B., Arief, M., Hamsal, M., Furinto, A., & Wiweka, K. (2020). Local ’ s Perspective of Community Participation in Lake Toba as a Tourism Destination.

Sugiyono, S. (2019). Metodologi Penelitian & Pengembangan (Research and Devolopment/R&D). Alfabeta.

Sumayang, L. (2003). Dasar-dasar manajemen produksi dan operasi / Lalu Sumayang (1st ed.). Salemba Empat.

Sylvia, O., Rombe, C., Henry, L., Rachmayanti, I., Fajarwati, A. S., & Meliana, S. (2023). Gentrification and Adaptive Reuse : An Exploration of the Design Concept of Sustainable Urban Escape . Case Study : Pos Bloc and Pasar Baru Shopping Street , Jakarta. 2023, 185–195. https://doi.org/10.18502/kss.v8i2.12763

Tanjung, A., Bintarti, S., & Nurpatria, E. (2022). Data Pengunjung Situ Rawa Gede. Ikraith-Ekonomika, 5(2), 146–156.

Warbung, C. J. E., Tulung, J. E., & Saerang, R. T. (2021). Analysis of Tourist Satisfaction Based on 5a’S of Tourism Elements Towards Tourist Revisit Intention To Tomohon City Analisa Kepuasan Turis Berdasarkan Element Pariwisata 5a Terhadap Minat Kunjungan Kembali Di Kota Tomohon. 189 Jurnal EMBA, 9(2), 189–198. https://doi.org/10.35794/emba.v9i2.33336

Wiradiputra, F. A., & Brahmanto, E. (2016). Analisis Persepsi Wisatawan Mengenai Penurunan Kualitas Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung. Pariwisata, III, No.2(2), 129-137 ISSN: 2355-6587.

Wiratini M, N. N. A., Setiawan, N. D., & Yuliarmi, N. N. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Pada Daya Tarik Wisata Di Kabupaten Badung. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 1, 279. https://doi.org/10.24843/eeb.2018.v07.i01.p10

Yolanda, F., Yuliana, & Pramudia, H. (2017). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Objek Wisata Alahan Panjang Resort Danau Diatas Kabupaten Solok. Home Economic and Tourism, September.




DOI: http://dx.doi.org/10.47256/kji.v17i2.218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


______________________________________________________________________________________________________

Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.