PENGARUH FASILITAS WISATA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN PADA DESTINASI WISATA NATSEPA BEACH

sifra huwae

Abstract


Abstrak : Natsepa Beach merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat popular diMaluku yang berlokasi diDesa Suli, Maluku Tengah. Natsepa Beach sangat identic dengan pasir putih dan pemandangannya yang indah. Banyak wisatawan yang berkunjung keMaluku memilih Natsepa Beach sebagai destinasi pilihan yang wajib dikunjungi karena keindahannya dan makanannya yakni Rujak Natsepa. Bukan hanya tentang makanan dan pemandangannya tetapi fasilitas juga merupaka salah satu hal penting pada suatu objek wisata. Penelitian ini berfokus pada pengaruh fasilitas terhadap kepuasan wisatawan yang berkunjung keobjek wisata Natsepa Beach. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis menggunakan rumus dari Anas Sujana (2005). Hasil penelitian menunjukan bahwa fasilitas sangat berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung selama berkunjung keobjek wisata Natsepa Beach. Namun terdapat beberapa wisatawan yang memilih tidak setuju dan sangat tidak setuju terhadap pernyataan bahwa fasilitas yang telah tersedia telah digunakan debagaimana fungsinya. Oleh karena itu, perbaikan serta pengembangan diperlukan agar dapat memaksimalkan fungsi penggunaan fasilitas tersebut bagi wisatawan diobjek wisata Natsepa Beach. Kata Kunci : pengaruh penggunaan fasilitas, Kepuasan, Wisatawan, Natsepa Beach.

Full Text:

PDF

References


I. J. (2020). STUDI DESKRIPTIF

KUANTITATIF TENTANG

AKTIVITAS BELAJAR

MAHASISWA DENGAN

MENGGUNAKAN MEDIA

PEMBELAJARAN EDMODO

DALAM PEMBELAJARAN

SEJARAH. Jurnal Artefak, 15.

Ambon, P. K. (n.d.). pantai Natsepa Ambon.

https://ambon.go.id/pantai-natsepa/

gede, i. y. (2014). STUDI KEPUASAN DAN

KETIDAKPUASAN WISATAWAN

YANG BERKUNJUNG KE

SANGEHDAN ALAS KEDATON.

jurnal analisis pariwisata.

Indra Lutfi Sofyan¹, A. P. (2013). Pengaruh

Fasilitas dan Kualitas Pelayanan

Terhadap Loyalitas, Melalui Kepuasan

Konsumen Sebagai Variabel

Intervening pada Star Clean Car Wash

Semarang. DIPONEGORO JOURNAL

OF SOCIAL AND POLITIC.

Indra Lutfi Sofyan¹, A. P. (2013). Pengaruh

Fasilitas dan Kualitas Pelayanan

Terhadap Loyalitas, Melalui Kepuasan

Konsumen Sebagai Variabel

Intervening pada Star Clean Car Wash

Semarang. DIPONEGORO JOURNAL

OF SOCIAL AND POLITIC.

Rezki Teguh Sulistiyana, D. H. (2015).

PENGARUH FASILITAS WISATA

DAN HARGA TERHADAP

KEPUASAN KONSUMEN (STUDI

PADA MUSEUM SATWA). Jurnal

Administrasi Bisnis (JAB), 3-4.

Rezki Teguh Sulistiyana, D. H. (2015).

PENGARUH FASILITAS WISATA

DAN HARGA TERHADAP

KEPUASAN KONSUMEN (STUDI

PADA MUSEUM SATWA). Jurnal

Administrasi Bisnis (JAB).




DOI: http://dx.doi.org/10.47256/prg.v4i1.233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pringgitan terindeks pada:

  

 

Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta


 

Pringgitan © 2020 by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta is licensed under Attribution 4.0 International