PELAYANAN KHUSUS HOUSEKEEPING ATTENDANT DALAM MELAYANI TAMU NARATAMA DI HOTEL HILTON BANDUNG

Tarrisya Oktaviona Wibowo, Pipin Kusumawati

Abstract


Hotel merupakan akomodasi penting yang mendukung pariwisata di suatu daerah. Selain melayani tamu umum, tamu naratama adalah kelompok tamu yang penting untuk diperhatikan pelayanannya. Pelayanan maksimal kepada tamu naratama akan memberikan dampak besar karena merupakan sarana promosi yang efektif sekaligus membangun hotel branding. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana pelayanan khusus housekeeping attendant dalam melayani tamu naratama di Hotel Hilton Bandung. Penelitian dilakukan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data yang didapatkan selanjutnya ditampilkan secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil observasi diketahui beberapa pelayanan khusus yang dilakukan housekeeping attendant di Hotel Hilton Bandung diantaranya memastikan setiap sudut hotel bersih dan indah maksimal, mulai dari drop off lobby sampai kamar dan di semua public area. Seorang housekeeping attendant wajib memperhatikan setiap preferensi dari masing-masing tamu naratama yang menginap sesuai Daily Briefing Sheet yang dibacakan dalam morning briefing. Seorang room attendant juga akan membuatkan welcome noted pada kaca dalam kamar tamu naratama.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.47256/prg.v5i1.565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pringgitan terindeks pada:

  

 

Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta


 

Pringgitan © 2020 by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta is licensed under Attribution 4.0 International