Urgensi Pendidikan Karakter dalam Memajukan Bangsa
Abstract
Pendidikan karakter dan pembentukan karakter diperlukan karena pendidikan tidak hanya membuat siswa intelektual, tetapi juga memiliki kebiasaan dan adat istiadat agar posisinya sebagai anggota masyarakat berarti untuk pribadi dan orang lain. Tujuan dari Pendidikan karakter untuk memberi karakter bangsa yang kuat, mampu bersaing, berbudi, bermoral, toleran, gotong royong, cinta tanah air, berkembang energik, berwawasan iptek. Sebab selain sumber daya alam, faktor lain seperti pendidikan dan keterampilan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan suatu negara. Dampak pendidikan karakter dari sistem pendidikan yang benar sangat besar. Maka dari itu, pendidikan menjadi salah dari berbagai cara guna mengarah pada pembentukan karakter milenial yang di dalamnya termasuk pendidikan kewarganegaraan.
Full Text:
PDFReferences
Alfarisy, F., Fitriyani, F. A., Mutsaqqofa, F., & Kusumasari, N. T. (2021). Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar di Jepang dan Indonesia. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(2), 1361. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i2.5189
Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air. Mimbar Ilmu, 24(1), 105. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17467
Budiarto, G. (2020). Indonesia dalam Pusaran Globalisasi dan Pengaruhnya Terhadap Krisis Moral dan Karakter. Pamator Journal, 13(1), 50–56. https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.6912
Citra, Y. (2012). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 13. https://doi.org/10.24036/jupe7950.64
Febrianta, A. R. (2019). Permasalahan dan Macam-Macam Sistem Pendidikan di Indonesia. Academia, 1(1), 4.
Firmansyah, M. C., & Dewi, D. A. (2021). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa Sesuai Nialai Pancasila Di Era Globalisasi. Pesona Dasar, 9(1), 13. https://doi.org/10.24815/pear.v9i1.20607
Gani, U. A. (2018). Analisis Diskriminan. Jurnal Geuthee, 01(01), 12.
Haryati, S. (2017). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Library Untidar, 1(1), 21.
ISHIDA, M. (2018). How Coaching Influences Teachers’ Beliefs and Students’ Self-Regulated Learning in High School English Classes. Mie University. https://mie-u.repo.nii.ac.jp/index.php?action=pages_view_main&active_action=repository_action_common_download&item_id=12155&item_no=1&attribute_id=17&file_no=1&page_id=13&block_id=21
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142
Mustoip, S., & Japar, M. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. Jakad Publishing, 312.
Ngamanken, S. (2014). Pentingnya Pendidikan Karakter. Humaniora, 5(1), 72. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i1.2983
Nitte, Y. M., & Bulu, V. R. (2020). Pemetaan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar se-Kota Kupang. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(1), 38. https://doi.org/10.33394/jk.v6i1.2326
Siswinarti, P. R. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Membangun Bangsa Beradab. researchgate, 1(1), 11.
Soraya, Z. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter untuk Membangun Peradaban Bangsa. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 74–81. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.10
STKIP Pasundan, & Martini, E. (2018). Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Model Pembelajaran Berbasis Kecakapan Abad 21. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(2), 21–27. https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n2.2018.pp21-27
Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316
Susanti, R. (2013). Penerapan Pendidikan Karakter Di Kalangan Mahasiswa. Al-Ta lim Journal, 20(3), 480–487. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.46
Wijaya, H. (2018). Hakikat Pendidikan Karakter. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 1(1), 10.
Yuniarto, P. R. (2014). Masalah Globalisasi di Indonesia: Antara Kepentingan, Kebijakan, dan Tantangan. Jurnal Kajian Wilayah, 5(1), 29
DOI: http://dx.doi.org/10.47256/jhnb.v1i1.270
Refbacks
- There are currently no refbacks.
______________________________________________________________________________________________________
Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.