Etika Komunikasi dalam Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya penerapan etika komunikasi di media sosial di kalangan mahasiswa yang bertujuan untuk mengungkap dan mengidentifikasi bentuk etika mahasiswa dalam penggunaan media sosial dan penyebaran informasi yang berasal dari media sosial. Partisipan yang terlibat adalah mahasiswa di Kota Yogyakarta yang aktif menggunakan media sosial. Penelitian dikerjakan dengan menyebarkan kuesioner secara daring dan wawancara secara langsung dengan informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) kebebasan dalam penggunaan media sosial membuat mahasiswa mengabaikan etika dalam berkomunikasi di media sosial, seperti berkomentar tanpa berpikir. Kurangnya pemahaman etika dalam diri seseorang khususnya mahasiswa dapat menjadi masalah serius jika terus diabaikan. 2) etika komunikasi mahasiswa dalam menggunakan media sosial sudah tergolong baik namun tidak bisa dipungkiri masih ada beberapa mahasiswa yang kurang memperhatikan penggunaan bahasa yang baik khususnya saat memberikan komentar kepada orang lain di media sosial. 3) komentar yang kurang sopan dikirim ke publik, dapat menimbulkan konflik negatif terhadap diri seseorang. Walaupun kata-kata yang dilontarkan tergolong sederhana namun mengandung kata-kata yang merujuk pada judge dapat menjadi salah satu contoh cyberbullying di media sosial. 4) luasnya jangkauan media sosial menyebabkan banyaknya berita dan informasi yang dapat diperoleh mahasiswa. Hal tersebut menyebabkan mudah tersebarnya berita hoax karena adanya rasa mudah percaya terhadap suatu berita yang tersebar di media sosial. 5) menyebarkan berita yang belum pasti benar merupakan salah satu contoh etika yang kurang baik karena memberikan informasi yang tidak valid kepada orang lain.
Full Text:
PDFReferences
Afriani, F., & Azmi, A. (2020). Penerapan Etika Komunikasi di Media Sosial: Analisis Pada Grup WhatsApps Mahasiswa PPKn Tahun Masuk 2016 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Jurnal of Civic Education, Volume 3 No.3, 331-338.
Angga, S., Poa, A. A., & Rikardus, F. (2023). Etika Komunikasi Netizen Indonesia di Media Sosial sebagai Ruang Demokrasi dalam Telaah Ruang Publik Jurgen Habermas. JUrnal Filsafat Indonesia, 6, 384-393.
Annur, C. M. (2022, November 23). Ini Media Sosial dengan Pengguna Terbanyak pada Oktober 2022. Retrieved from Katadata Media Network: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/23/ini-media-sosial-dengan-pengguna-terbanyak-pada-oktober-2022
Arif, M. F., & Widiawan, R. F. (2023). Peran Divisi Humas Polda DIY Dalam Membangun Citra Positif. JIMAKOM, 4, 30-44.
Astajaya, I. M. (2020). Etika Komunikasi di Media Sosial. Widya Duta, VOL.15, NO.1, 81-94.
Fazry, L., & Apsari, N. C. (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Cyberbullying di Kalangan Remaja. Jurnal Pengabdian dan Penelitian Kepada Masyarakat (JPPM), VOL.2, NO.1, 28-36.
Ginting, R., Yulistiyono, A., Rauf, A., Manullang, S. O., Siahaan, A. L., Kussanti, D. P., . . . Effendy, F. (2021). Etika Komunikasi dalam Media Sosial : Saring Sebelum Sharing. (R. Fauzi, Ed.) Cirebon: Penerbit Insania.
Howey, M. C. L., & DeLucia, C. M. (2022). Spectacles of Settler Colonial Memory: Archaeological Findings from an Early Twentieth-Century “First” Settlement Pageant and Other Commemorative Terrain in New England. International Journal of Historical Archaeology, 26(4). https://doi.org/10.1007/s10761-021-00635-2
Hymes, D. (1974). Model of interaction of language and social life. In Gumperz & D. Hymes (Eds.), Direction in Sosiolinguistic. Hold & Rinehart and Winston.
Indonesia, P. (2016). Undang-Undang Nomor 19 TAHUN 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Jakarta.
Kowalski, R. M., & Limber, S. P. (2012). Psychological , Physical , and Academic . Journal of Adolescent Health, 513-520.
Mannan, A. (2019). Etika Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Kepada Dosen Melalui Smartphone. Jurnal Aqidah, 5, 2-22.
McQuail, D. (2003). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Mustafa. (2023, Maret 3). Deontologi Pilkada. Retrieved November 1, 2023, from uin-suska.ac.id/: https://www.uin-suska.ac.id/blog/2017/03/03/deontologi-pilkada/
Mutiah, T., Albar, I., Fitriyanto, & A.Rafiq. (2019). Etika Komunikasi dalam Menggunakan Media Sosial. Global Komunika, 1, 14-24.
Mutiarani, U. P. (2023). Etika Komunikasi Mahasiswa. Etika Komunikasi II, 50-60.
Oliver, A. (2021, Agustus 23). Etika Media Sosial yang Wajib Diketahui Pekerja. Retrieved November 1, 2023, from glints.com: https://glints.com/id/lowongan/etika-media-sosial/
Pooter, J. (2011). Media Literacy (7th ed). California: SAGE.
Pradana, L. R. (2018). Etika Komunikasi Remaja Dalam Media Sosial (Studi Kualitatif Deskriptif Komunitas Cosplayer Dalam Menggunakan Media Sosial Facebook). Yogyakarta: Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Pratiwi, K. E., & Rianto, P. (2023, Mei 24). Etika Komunikasi dalam Bermedia Sosial di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Kudus. Jurnal Mahasiswa Komunikasi Cantrik, 3, 19-34.
Purwatiningsih, S. D., Inayah, R., & Gukguk, S. R. (2020, Desember 3). Etika Komunikasi Dalam Penggunaan Media Sosial Facebook Sebagai Sarana Media Interaksi. Jurnal Ikon Desember, 26, 246-267.
Rahadi, D. R. (2017). Perilaku Pengguna dan Informasi Hoax di Media Sosial. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 5, 58-70.
Rochimah, T. (2021). Gerakan Literasi Media : Melindungi Anak-Anak dari Gempuran Pengaruh Media. In D.Herlina, Gerakan Literasi Media Indonesia, pp 18-36.
Sudibyo, A. (2016, 10 18). Etika Bermedia dan Kontroversi Politik. Retrieved from Bagi Raja Tega: http://doa-bagirajatega.blogspot.com/2016/10/etika-bermedia-dan-kontroversi-politik.html#
Turnip, E. Y., & Siahaan, C. (2021). Etika Berkomunikasi Dalam Era Media Digital. Intelektiva, 3(4), 38-45.
Wahyudin, U., & Karimah, K. E. (2016). Etika Komunikasi di Media Sosial. Prosiding Seminar Nasional Komunikasi, 216-224.
Wahyuni, S. (2021). Etika Berkomunikasi di Media Sosial (Whatsapp). EUNOIA ( Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia ), 1, 157-163.
Wijayanti, S. H., Sihotang, K., Dirgantara, V. E., & Maytriyanti. (2022, April 2). Bentuk-Bentuk Bermedia Sosial Generasi Milenial. Jurnal Komunikasi, 16, 129-146.
Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Remaja dalam Melakukan Bullying. Jurnal Penelitian dan PPM, 129-389.
Pendidikan Bahasa Indonesia ), 1, 157-163.
Wijayanti, S. H., Sihotang, K., Dirgantara, V. E., & Maytriyanti. (2022, April 2). Bentuk-Bentuk Bermedia Sosial Generasi Milenial. Jurnal Komunikasi, 16, 129-146.
Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Remaja dalam Melakukan Bullying. Jurnal Penelitian dan PPM, 129-389.
DOI: http://dx.doi.org/10.47256/jhnb.v1i2.301
Refbacks
- There are currently no refbacks.
______________________________________________________________________________________________________
Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.