Gambaran Gaya Kepemimpinan Transformasional yang Efektif untuk Memimpin Generasi Z
Abstract
Gaya kepemimpinan transformasional yang efektif dalam memimpin Generasi Z merupakan suatu pendekatan kepemimpinan yang menekankan pada keterlibatan, pembinaan hubungan yang kuat, dan pengembangan visi bersama. Penelitian ini bertujuan untuk menggali gambaran tentang seberapa efektif gaya kepemimpinan transformasional dalam memimpin Generasi Z di lingkungan kerja pada era sekarang. Aspek di dalam penelitian ini adalah Idealized influence, Intellectual simulation, Individual consideration, dan Inspiration motivation. Informan dalam penelitian ini berjumlah 3 orang yang dilakukan melalui proses wawancara semi- terstruktur, dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan analisis data dilakukan menggunakan pengkodean tematik. Hasil penelitian gaya kepemimpinan yang efektif untuk Generasi Z adalah mampu menjadi standar moral yang baik, mampu mendorong pemikiran kreatif, mampu memberikan perhatian yang baik, dan mampu memberikan semangat optimisme.
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, A. (2020). Gaya Kepemimpinan Lokal Persus Ekspatriat di Perusahaan Indonesia: Sebuah Pendekatan Kualitatif. E-Journal Studia Manajemen, 9(2).
Ahmad, S., Septiyani, T., & Suprihadi, D. (2022). Konsepsi Kepemimpinan Pendidikan Dalam Islam. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 233-240. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i4.338
Al Faruq, M. H., & Supriyanto, S. (2020). Kepemimpinan Transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 68-76. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p68-76
Angelia, D., & Astiti, D. P. (2020). Gaya Kepemimpinan Transformasional: Tingkatkan Work Engagement. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 1(3), 187-195. http://dx.doi.org/10.24014/pib.v1i3.9940
Aprilinda, D., & Budiman, A. P. (2021). Konsep kepemimpinan transformasional. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(7), 840-846.
Asyah, N., Putri, R. F., & Putri, R. F. (2023). Pelaksanaan Teknik Bimbingan dan Konseling Bagi Guru untuk Mengatasi Perilaku bullying di Sekolah. Altafani, 2(2), 112-121. https://doi.org/10.59342/jpkm.v2i2.152
Bantam, D. J. (2022). Leadership Style. KPIN: Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara, 8(3), 8–10.
Dewi, A. T., Andrena, K. M., & Hellyani, C. A. (2023). Gaya Kepemimpinan Ideal Untuk Generasi Z Pada Lingkungan Organisasi. JURNAL RISET MANAJEMEN DAN EKONOMI (JRIME), 1(3), 102-111. https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v1i3.307
Farunik, C. G., & Ginny, P. L. (2023). Tantangan dan Peluang Bisnis dalam Beradaptasi dengan Pasar Generasi Z. Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, 3(1), 487-496.
Fauziyah, R. N. (2021). Strategi Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN X Astanaanyar Kota Bandung. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 120-126. https://doi.org/10.29313/jrpai.v1i2.547
Febrianty, S. E., & Muhammad, S. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia yang Pro Gen Z. UPPM universitas malahayati.
Gaol, R. L., & Hutasoit, R. (2021). Media Sosial Sebagai Ruang Sakral: Gereja Yang Bertransformasi Bagi Perkembangan Spiritualitas Generasi Z Dalam Era Digital. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 7(1), 146-172. https://doi.org/10.37196/kenosis.v1i1.284
Hafidz, G. P., & Noviyati, M. (2022). Analisis motivasi kerja, kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan dimediasi kepuasan kerja pada angkatan kerja generasi Z. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(7), 2763-2773. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i7.1250
Hardian, V., & Hermawan, E. (2022). Gaya Kepemimpinan Transformatif Untuk Gen Z. KENDALI: Economics and Social Humanities, 1(1), 32-38. https://doi.org/10.58738/kendali.v1i1.15
Harefa, D., Kumpangpune, N., & Tumbelaka, R. E. (2021). Gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam manajemen PAUD. Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, 2(2), 27-34. https://doi.org/10.51667/mjpkaud.v2i2.742
Iqbal, M. (2021). Kepemimpinan Transformasional Dalam Upaya Pengembangan Sekolah/Madrasah. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(3).
Kent, M., & Darmasetiawan, N. K. (2023). Kepemimpinan Transformasional Generasi Milenial Dalam Menghadapi Kesenjangan Lintas Generasi Di Perusahaan Blue Ekonomi Jawa Timur. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 10(3), 2431-2444. https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i3.52366
Kirana, Z. C., & AM, A. N. A. B. (2020). Peranan apresiasi guru terhadap antusias belajar siswa kelas XI Madrasah Aliyah Hasan Muchyi. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(3), 174-193.
Lengkey, Y. (2020). Peran guru bimbingan dan konseling dalam pengembangan minat dan bakat siswa. Educouns Journal: Jurnal Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 1(1), 1-7.
Munir, M. M. (2023). Islamic Finance for Gen Z Karakter dan Kesejahteraan Finansial untuk Gen Z: Penerapan Islamic Finance sebagai Solusi. CV. Green Publisher Indonesia.
Muslimah, M., Jannah, M., & Syafitri, L. N. H. (2023). PERLAKUAN EDUKATIF TERHADAP PESERTA DIDIK YANG UNIK. Journal Cerdas Mahasiswa, 5(1), 101-109. https://doi.org/10.15548/jcm.v5i1.6684
Nurdiansyah, R., Mariam, S., Ameido, M. A., & Ramli, A. H. (2020). Work Motivation, Job Satisfaction and Employee Performance.Business and Entrepreneurial Review, 20(2), 153.
Pratama, A. R., Putri, N., Oktaviany, K., Yusri, F., & Yarni, L. (2023). Pentingnya Guru Memahami Kondisi Psikologi Siswa (Studi Kasus: SD Tahfiz Rahmatul Aisyi 2 Alahan Panjang). Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(3), 372-378. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15818
Pratama, G. (2020). Analisis Motivasi Kerja, Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Dimediasi Kepuasan Kerja pada Angkatan Kerja Generasi Z. Jurnal Ekonomi: Journal of Economic, 11(2).
Pratama, G., & Elistia, E. (2020). Analisis motivasi kerja kepemimpinan transformasional. Jurnal Ekonomi: Journal of Economic, 11(2), 144–152.
Putri, D. M., Hanathasia, M., Kania, D., & Fortunisa, A. (2022). Peran Psikologi Sosial dalam Kampanye Sosial Literasi Kekerasan Berbasis Gender Online untuk Melindungi Self-Image pada Gen Z di Forum Anak Kota Bekasi (FORAKSI). Indonesian Journal for Social Responsibility, 4(02), 143-160. https://doi.org/10.36782/ijsr.v4i02.147
Rembulan, N. D. R., & Firmansyah, E. A. (2020). Perilaku Konsumen Muslim Generasi-Z Dalam Pengadopsian Dompet Digital. Valid: Jurnal Ilmiah, 17(2), 111-128.
Rosada, A., & Partono, P. (2020). Sikap Optimis Dimasa Pandemi Covid-19. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 112–126. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v6i2.3889
Sarah, D. M., Vika, A. I. V., Hasibuan, N., Sipahutar, M. S., &
Simamora, F. E. M. (2022). Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(01), 210-219.
Setiawan, Agus & Muhith, A. (2013). Transformational Leadership Ilustrasi di Bidang Organisasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
Sulianti, A., Isyuniandri, D., Anjarwati, A., Ningrum, E. F. S., & Nisak,
I. K. (2023). Sosialisasi Mahasiswa dalam Proses Penguatan Nilai-Nilai Pancasila di Lingkungan Masyarakat. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 134-141. https://doi.org/10.37478/mahajana.v4i2.3009
Tambusai, K. (2021). Bimbingan Kelompok Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. AL-IRSYAD, 11(1), 117-131.
Ulfah, U., & Arifudin, O. (2022). Peran Guru Dalam Upaya Pengembangan Bakat Dan Minat Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(1), 9-16.
Utami, V. V. Q. N. (2023). PERKEMBANGAN INTELEKTUAL, KREATIVITAS DAN BAKAT ANAK SD TERHADAP FAKTOR LINGKUNGAN. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2687-2696. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8182
DOI: http://dx.doi.org/10.47256/jhnb.v1i2.399
Refbacks
- There are currently no refbacks.
______________________________________________________________________________________________________
Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.