Tantangan dan Peran Moderasi Beragama dalam Membangun Harmoni Sosial dalam Lingkungan Pondok Pesantren

Najwa Awaliah, Arsan Shanie, Wildan Suryahadi, Rokhimah Fatimah Zahra, Fatkhur Rohman, Aziya Alimatu Zulfa, Sayyidah Alifah Eka Putri

Abstract


Pondok pesantren di Indonesia menghadapi tantangan multikulturalisme yang kompleks yang meliputi integrasi nilai-nilai agama dengan budaya lokal dan global, pengelolaan keberagaman etnis dan latar belakang sosial, adaptasi terhadap perkembangan teknologi dan globalisasi, serta menjaga keseimbangan antara tradisi dan modernitas. Artikel ini membahas strategi untuk mengatasi tantangan ini, termasuk memperkuat identitas keagamaan sambil berinteraksi dengan beragam budaya, mengelola konflik antar keyakinan, memahami perbedaan pendekatan agama dalam konteks globalisasi, dan peran moderasi beragama dalam membangun harmoni sosial. Pesantren perlu menekankan pentingnya toleransi, membangun dialog antaragama, dan mempromosikan pemimpin agama yang mendorong kedamaian dan toleransi. Pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran juga penting dalam mendukung moderasi beragama di lingkungan pesantren. Diskusi tentang pluralisme dan toleransi melalui seminar dan workshop juga dapat memperkuat harmoni sosial dan kerukunan antarumat beragama di pesantren dan masyarakat secara luas.


References


Almaliki, Muhammad Fikri, And Sovia Fahraini. 2023. “Pesantren Sebagai Agen Penguatan Budaya Lokal: Strategi Pemberdayaan Masyarakat Dan Peran Moderasi Dalam Mewujudkan Harmoni Sosial.” Prosiding Ansops (Annual Symposium On Pesantren Studies) 2:124–31.

Ansori, Mujahid. 2020. “Pengembangan Kurikulum Madrasah Di Pesanansori, M. (2021). Pengembangan Kurikulum Madrasah Di Pesantren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 41–50. Https://Doi.Org/10.31538/Munaddhomah.V1i1.32tren. ” Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1(1):41–50.

Ardilla, Meissiandani, Et Al. "Penanaman Nilai-nilai Moderasi Beragama Dalam Bingkai Pendidikan Agama Kristen." JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan 1.4 (2023): 629-643.

Arifand, Agus, Salsabila Enggar Fathikasari, Meytri Kurniasih, Novi Fitriyani Rahmadani, Aprilia Putri, Agus Andrian Setiawan, Aissya Shifa Oktania, And Adelia Eka Rachmadian. 2023. “Membangun Harmoni Dan Toleransi Melalui Moderasi Beragama.” Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini 4(2):164–77.

Bakar, Abu. "Konsep Toleransi Dan Kebebasan Beragama." Toleransi: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama 7.2 (2015): 123-131.

Darmalaksana, W. (2020a). Cara Menulis Proposal Penelitian. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Fathoni, Muhammad Anwar, And Ade Nur Rohim. "Peran Pesantren Dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat Di Indonesia." Proceeding Of Conference On Islamic Management, Accounting, And Economics. 2019.

Hasan, Zainol. 2018. “Dialog Antar Umat Beragama.” LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan 12(2):387–400. Doi: 10.35316/Lisanalhal.V12i2.152.

Iryas, Adesty, And Kusuma Astuti. 2023. “3 1,2,3.” 09:90–99.

Ma`arif, Muhammad Anas, And Muhammad Husnur Rofiq. 2018. “POLA PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN PESANTREN BERKARAKTER: Studi Pondok Pesantren Nurul Ummah Mojokerto.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 13(1):1. Doi: 10.19105/Tjpi.V13i1.1635.

Mangantibe, Veydy Yanto, And Mario Chlief Taliwuna. 2021. “Toleransi Beragama Sebagai Pendekatan Misi Kristen Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 3(1):33–47. Doi: 10.37364/Jireh.V3i1.56.

Moderasi, Pengarusutamaan, Lingkungan Pesantren, Mustofa Aji Prayitno, And Rima Nur Ekawati. 2023. “9610-article Text-28968-2-10-20230707.”

Muttaqin, Ahmad. 1970. “Eksistensi Agama Dalam Era Globalisasi.” KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 8(1):41–59. Doi: 10.24090/Komunika.V8i1.748.

Panji, Aji Luqman, Achmad Ruslan Afendi, Akhmad Ramli, Sudadi Sudadi, And Agus Mubarak. 2023. “Pendidikan Islam Dengan Penanaman Nilai Budaya Islami.” Jurnal Pendidikan Islam Al-ilmi 6(1):9. Doi: 10.32529/Al-ilmi.V6i1.2155.

Rifa’i, Muhadditsir, And Ery Khaeriyah. 1970. “Pendidikan Multikultural Di Pondok Pesantren.” IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 2(01):66–80. Doi: 10.37542/Iq.V2i01.25.




DOI: http://dx.doi.org/10.47256/jhnb.v2i1.472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


______________________________________________________________________________________________________

Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.