Blended Learning: Konsep. Manfaat, dan Tantangannya, Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran PAI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknologi pendidikan berbasis blended learning ditinjau dari konsep, kelebihan dan tantangan serta dampaknya terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Pendekatan studi pustaka melibatkan analisis literatur dari berbagai sumber seperti buku, artikel, jurnal, dan dokumen yang relevan dengan topik penelitian, untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa teknologi terus mengalami kemajuan pada masa ini, pendidikan juga terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Metode blended learning banyak memiliki keuntungan dan kelebihan tetapi dalam implementasinya juga mempunyai tantangan tersendiri. Namun berbagai tantangan tersebut dapat diatasi dengan persiapan yang matang, mulai dari mempersiapkan alat hingga melatih guru, siswa, bahkan orangtua siswa. Blended learning dapat efektif dan efisien apabila seluruh persiapan yang cukup dan tepat. Pendidik dan peserta didik didorong untuk memperluas penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran.
References
Irsyadiah, N., & Rifaâ, A. (2021). Inovasi pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis blended cooperative e-learning di masa pandemi. Syntax Idea, 3(2), 347–353.
Muhson, N. (2019). Penerapan Blended Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pai Materi Sejarah Bani Umaiyah Kelas VIII SMPN 3 Pontianak. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(1), 12–25.
Nugroho, R. A. (2021). Penerapan Metode Blended Learning Dalam Pembelajaran Pai Pada Era New Normal. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 10(1), 17–30.
Nurliana Nasution, N. N. (2019). Buku Model Blended Learning. Unilak Press.
Rahmi, U., & Azrul, M. P. (2022). DESAIN DAN IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING: Integrasi Teknologi dan Pedagogi. Penerbit Andi.
Rohana, S., & Syahputra, A. (2021). Model pembelajaran blended learning pasca new normal covid-19. At-Ta'Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 48-59.
Salim, N. A. (2023). BLENDED LEARNING: PELUANG DAN TANTANGAN PELAKSANAANNYA PADA SEKOLAH DASAR. Academy of Education Journal, 14(2), 1581–1591.
Salsabila, Unik Hanifah, Jany Fitria Khoirunnisa, Rasyid Herbanu Indra Saputra, Alfi Zidanurrohim, and Muhammad Hafidhdin. “Teknologi Pendidikan Berbasis Blended Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 8, no. 4 (2022): 1634–40.
Salsabila, U. H., Khoirunnisa, J. F., Saputra, R. H. I., Zidanurrohim, A., & Hafidhdin, M. (2022). Teknologi Pendidikan Berbasis Blended Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1634–1640.
Wijoyo, H., Junita, A., Sunarsi, D., Setyawati Kristianti, L., Santamoko, R., Leo Handoko, A., Yonata, H., Haudi, H., Widiyanti, W., & Ariyanto, A. (2020). Blended learning suatu panduan. Penerbit Insan Cendekia Mandiri.
DOI: http://dx.doi.org/10.47256/jhnb.v2i1.492
Refbacks
- There are currently no refbacks.
______________________________________________________________________________________________________
Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.