Pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam Memperkuat Sikap Moderat untuk Mengatasi Islamofobia

Yuanita Nurul Nisa Apriliyana, Auliya Syahda Al lathief, Arsan Shanie, Miqiyal Khalifah Khoirina, Husnun Nabila Putri Wiwoho, Badria Nikmatus sya’diah

Abstract


Pendidikan agama memiliki peran penting dalam membentuk sikap individu terhadap Islam di tengah meningkatnya kasus Islamophobia. Artikel ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh pendidikan agama kepada sikap individu terhadap Islam serta menjelaskan bagaimana penguatan pendekatan moderasi dapat menjadi strategi yang efektif dalam mengatasi Islamophobia. Pokok masalah yang menjadi fokus penelitian adalah pengaruh pendidikan agama terhadap persepsi terhadap Islam serta peran moderasi dalam menanggulangi Islamophobia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi pustaka, dimana artikel meninjau berbagai literatur yang mengkaji hubungan antara pendidikan agama dan persepsi terhadap Islam, serta peran moderasi dalam menanggulangi Islamophobia. Data yang diperoleh dari analisis literatur menunjukkan bahwa pendidikan agama yang menekankan nilai-nilai moderasi dapat membentuk sikap yang lebih toleran dan memahami terhadap Islam, sehingga mampu mengurangi prevalensi Islamophobia dalam masyarakat. Dari hasil analisis tersebut, kesimpulan yang dapat diambil adalah perlunya penekanan pada pendekatan moderasi dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama serta dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Islamophobia di tingkat individu maupun masyarakat. Dengan demikian, artikel ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman tentang peran pendidikan agama dalam memerangi Islamophobia dan mengedepankan nilai-nilai moderasi sebagai strategi efektif dalam mengatasi tantangan tersebut.


References


Abdillah, A., & Putri, S. T. (2022). Islamophobia: Ancaman Multikulturalisme Di Indonesia. Jurnal Politik Profetik, 10(1), 1-16.

Aini, S. (2021). SYARIAH: Journal of Islamic Law. 3(2), 143–160.

Anwar, S., Ftk, D., Raden, I., & Lampung, I. (2016). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter BangsaAnwar, S., Ftk, D., Raden, I., & Lampung, I. (2016). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Islam, 7(November), 157–169. Jurnal Pendidikan Islam, 7(November), 157–169.

Badruzaman, A., & Febriani, N. A. (n.d.). De-Islamophobia Melalui Pilar Moderasi Beragama Perspektif Al-Qur’an De-Islamophobia Through the Pillars of Religious Moderation In the Qur’an Perspective. Jurnal Bimas Islam, 16(2).

Bobo, L., & Licari, F. C. (1989). Education and political tolerance. Public Opinion Quarterly, 53(3), 285–308. https://doi.org/10.1086/269154

Nata, A. (2011). Prespektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 12(1), 61–74. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/jpai/article/view/873/812

Nisa, M. K., Yani, A., Andika, A., Yunus, E. M., & Rahman, Y. (2021). MODERASI BERAGAMA: Landasan Moderasi dalam Tradisi berbagai Agama dan Implementasi di Era Disrupsi Digital. Jurnal Riset Agama, 1(3), 79–96. https://doi.org/10.15575/jra.v1i3.15100

Tantowi, H. A. (2022). Pendidikan Islam di era transformasi global. PT. Pustaka Rizki Putra.

Fadil, Nadia. (2015). "Reclaiming Education: Islamophobia, Postcolonialism, and a Decolonial Framework." Palgrave Macmillan.

Hafez, Farid. (2015). "Islamophobia in the West: Measuring and Explaining Individual Attitudes." Routledge.

Hamdi, S., Nasrullah, A., & Awalia, H. (2020). “Penyuluhan Moderasi Beragama Pada Kalangan Pemuda Nahdlatul Wathan Di Desa Darul Hijrah Anjani Lombok Timur”.

Siraj, Asma, dan Julia Park. (2010). "Teacher Education for Inclusion: Changing Paradigms and Innovative Approaches." Routledge.

Suseno, Franz Magnis, et.al. (2015). Agama, Keterbukaan dan Demokrasi; Harapan dan Tantangan, Pusat Studi Agama dan Demokrasi Yayasan Paramadina, Jakarta.

Pew Research Center. (2020). "Rise in Anti-Muslim Sentiment in Western Europe." Diakses dari https://www.pewresearch.org/global/2020/12/07/rise-in-anti-muslim-sentiment-in-western-europe

Brown, L. M. (2018). "The Impact of Religious Education on Tolerance: A Meta-Analysis Approach." Journal of Empirical Studies in Religion, 31(2), 207-225.




DOI: http://dx.doi.org/10.47256/jhnb.v2i1.497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


______________________________________________________________________________________________________

Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.