Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Melalui Media Buku Bergambar Dalam Pembelajaran di Tingkat MI/SD
Abstract
Pembelajaran yang efektif memerlukan penggunaan media yang tepat karena media memiliki peran penting dalam pembelajaran. Salah satu media yang dapat meningkatkan minat belajar siswa adalah buku bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan buku bergambar sebagai media belajar dalam pembelajaran baik di tingkat MI/SD. Dengan fokus pada peningkatan kreativitas dan motivasi siswa, penelitian ini menggunakan pendekatan kajian kualitatif kepustakaan dengan mengumpulkan referensi teoritis yang relevan. Buku bergambar tidak hanya memfasilitasi pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran, tetapi juga merangsang minat belajar melalui visualisasi yang menarik. Komponen-komponen penting dalam pembelajaran, seperti tujuan, bahan terbuka, metode, alat/media, dan evaluasi, juga menjadi faktor penentu keberhasilan proses pembelajaran. Guru berperan sebagai penyampai informasi, sementara siswa menjadi subjek pembelajaran yang perlu dipahami dan dikembangkan. Dengan memanfaatkan buku bergambar yang dikembangkan berdasarkan kurikulum, diharapkan siswa dapat mencapai hasil pembelajaran yang memuaskan sesuai dengan tujuan pendidikan. Kesimpulannya, penggunaan media buku bergambar dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran baik di tingkat MI/SD.
DOI: http://dx.doi.org/10.47256/jhnb.v2i1.500
Refbacks
- There are currently no refbacks.
______________________________________________________________________________________________________
Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.