Peran Gen Z dalam Membawa Islam Moderat ke Kehidupan Bermasyarakat

Robiatul Adawiyah

Abstract


Artikel ini mengkaji peran generasi Z dalam membawa nilai-nilai Islam secara moderat dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan menggali dinamika pemahaman dan penerapan nilai-nilai agama dalam konteks zaman modern, penelitian ini memperkuat pemahaman tentang bagaimana generasi Z berkontribusi dalam membentuk landskap sosial yang inklusif dan toleran. Melalui pendekatan kualitatif yang melibatkan wawancara mendalam dan analisis konten, artikel ini menyoroti pentingnya peran generasi Z dalam menghadirkan perspektif yang seimbang dan mengembangkan paradigma yang mempromosikan keragaman serta kesetaraan dalam masyarakat. Pendekatan kualitatif digunakan untuk menggali pandangan, pemikiran, dan pengalaman generasi Z dalam menjalankan nilai-nilai Islam secara moderat. Data yang diperoleh dari wawancara mendalam dan analisis konten memperkuat temuan bahwa generasi Z cenderung mengadopsi sikap inklusif dan toleran dalam menafsirkan dan menerapkan nilai-nilai Islam, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi pembentukan masyarakat yang lebih harmonis dan bersatu. Kesimpulan dari artikel ini menegaskan pentingnya pemahaman yang mendalam tentang peran generasi Z dalam mempromosikan keragaman dan kesetaraan dalam konteks nilai-nilai Islam yang moderat.

Kata Kunci: gen z, nilai-nilai islam, moderat, kehidupan bermasyarakat.


References


Abubakar, B., Sanusi, S., Razali, R., Yeniningsih, T. K., & Mujiburrahman, M. (2023). Parenting Education in Islamic Families within the Framework of Family Resilience in Aceh, Indonesia. Samarah: Jurnal Hukum Keluarga Dan Hukum Islam, 7(2), 1121. https://doi.org/10.22373/sjhk.v7i2.17901

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Daeli, D. O., & Zaluchu, S. E. (2019). Analisis Fenomenologi Deskriptif terhadap Panggilan Iman Kristen untuk Kerukunan Antar Umat Beragama di Indonesia. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 44–50. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.27

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Hafid, A., Mujrimin Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Sina Batam, B., & Hafid Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Sina Batam, A. (2023). Transformasi Pendidikan Islam Dalam Konteks Masyarakat Adat Di Batam: Tantangan Dan Peluang Corresponding Author. Jurnal Arriyadhah, XX, No. I(I), 49–65. https://jurnalstaiibnusina.ac.id/index.php/ary

Ijah Bahijah, Sitti Nur Suraya Ishak, Nuniek Rahmatika, & Aghniawati Ahmad. (2022). WASATHIYAH ISLAM DI ERA DISRUPSI DIGITAL (Pendidikan Nilai-Nilai Wasathiyah Islam Dalam Bersosial Media Di Kalangan Generasi Milenial dan Generasi Z). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 15–26.

Karim, R. I. (2020). Kehidupan Beragama Generasi Z dalam Era Digital (Studi Kasus di Perumahan Purwokerto Indah (Purin) Kendal). 210. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14080/1/Tesis_1703018054_RizkaIchsanulKarim.pdf

Mukaromah, S. M., & Ramadhani, M. (2023). Tindakan Sosial Santri Generasi Z Terhadap Makna Ziarah Makam Gus Dur. Ar-Rehla, 3(2), 98–111. https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v3i2.8320

nur zazin, muhammad zaim. (2018). Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis Media Sosial Pada Generasi Z. Proceeding Antasari International Conference, 535–563.

Pipit Fitriyani. (2018). Pendidikan Karakter Bagi Generasi Z. Knappptma Ke-7, 307–314. http://www.appptma.org/wp-content/uploads/2019/08/34.-Pendidikan-Karakter-Bagi-Generasi-Z.pdf

Rahmawati, A., Astuti, D. M., Harun, F. H., & Rofiq, M. K. (2023). PERAN MEDIA SOSIAL DALAM PENGUATAN MODERASI BERAGAMA DI KALANGAN GEN-Z. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(5), 905–920. https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i5.6495

Raihan Yuliadi Putra, M. Ilham Faturrohman, M. Syahid Albana, Haikal Raka Putra, Helmi Fadilla, & Yayat Suharyat. (2022). DIALOG KEISLAMAN DALAM HUBUNGAN MASYARAKAT. JURNAL RISET RUMPUN AGAMA DAN FILSAFAT, 1(2), 126–138. https://doi.org/10.55606/jurrafi.v1i2.517

Soleh, M., & Kuncoro, I. (2023). Menggali Budaya Baru Dan Implikasinya Bagi Keagamaan Gen-Z: Perspektif Sosiologi Dan Antropologi Masyarakat Di Era Kontemporer. Al Irsyad: Jurnal Studi Islam, 2(2), 83–92. https://doi.org/10.54150/alirsyad.v2i2.223

Sulaiman, M., Al Hamdani, M. D., & Aziz, A. (2018). Emotional Spiritual Quotient (ESQ) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 77. https://doi.org/10.36667/jppi.v6i1.156

Syamsurijal. (2021). Guruku Orang-orang Dari Gawai: Wajah Islam Gen Z Yang Belajar Agama Melalui Media Sosial. Mimikri, 7(1), 2.

Tsoraya, N. D., Primalaini, O., & Masduki Asbari. (2022). The Role of Islamic Religious Education on the Development Youths’ Attitudes. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 01(01), 12–18. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/3




DOI: http://dx.doi.org/10.47256/jhnb.v2i1.528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


______________________________________________________________________________________________________

Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.