ANALISIS AKTIVITAS WISATAWAN SAAT BERKUNJUNG KE PANTAI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Abstract
Abstract
This writing is done to reveal what behaviors are favored by tourists when visiting the beach. So that the local government and entrepreneurs who want to develop the beach into a sought-after tourist destination by tourists as it aligns with the preferences of the tourists. This will result in the tourist attraction being frequented and indirectly supporting tourism development. Factors influencing the preferences and routes of beach tourism destinations are (i) the socio-demographic factor of tourists, consisting of the area of origin of tourists, the source of information, and the frequency of travel, (ii) the amenity factor which includes the availability of tourism facilities and infrastructure and the ability of facilities and infrastructure tourism in meeting the needs of tourists, (iii) tourist behavior factor, consisting of tourist destinations, tourism motivation, and tourist expectations of tourism facilities and infrastructure needed, (iv) tourist attraction factors that include the ability of tourist attractions in attracting tourists, tourist attractions are popular tourists, and tourist activities undertaken by tourists. The most important thing is how sports tourism can be carried out as regularly as possible when visiting the beaches in the Special Region of Yogyakarta. This research is conducted with a qualitative approach using netnography, which involves reviewing several Instagram accounts that post about tourist activities on the beaches of the Special Region of Yogyakarta.
Abstrak
Penulisan ini dilakukan untuk mengungkapkan perilaku apa yang menjadi kegemaran oleh wisatawan dalam berwisata ke pantai. Sehingga pemerintah setempat dan pengusaha-pengusaha yang ingin mengembangkan pantai menjadi destinasi pariwisata yang diminati oleh wisatawan karena sudah sesuai dengan kegemaran para wisatawan. Sehingga objek wisata tersebut akan ramai dikunjungi dan secara tidak langsung akan mendukung pembangunan pariwisata. Faktor yang mempengaruhi preferensi dan rute destinasi pariwisata pantai adalah (i) faktor sosio-demografis wisatawan, yang terdiri dari daerah asal wisatawan, sumber informasi, dan frekuensi berwisata, (ii) faktor amenitas yang meliputi ketersediaan sarana dan prasarana pariwisata serta kemampuan sarana dan prasarana pariwisata dalam memenuhi kebutuhan wisatawan, (iii) faktor perilaku wisatawan, yang terdiri dari tujuan wisata, motivasi wisata, dan harapan wisatawan akan sarana dan prasarana pariwisata yang dibutuhkan, (iv) faktor atraksi wisata yang meliputi kemampuan atraksi wisata dalam menarik minat wisatawan, jenis atraksi wisata yang digemari wisatawan, dan aktivitas wisata yang dilakukan oleh wisatawan. Hal yang paling penting adalah bagaimana wisata olahraga dapat dilakukan dengan serutin mungkin ketika mengunjungi pantai yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan netnografi yaitu meninjau beberapa akun Instagram yang melakukan postingan tentang aktivitas wisata di pantai Daerah Istimewa Yogyakarta.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. (2015). Potensi Wisata Bahari Pulau Pasaran Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Swasembada Pangan, April, 568–575.
Azizah, N., & Mangkurat, U. L. (2020). Pariwisata Susur Sungai Banjarmasin Dengan Membangun Kebersamaan Antar Dosen Dan Mahasiswa Pendidikan IPS. Pariwisata. https://osf.io/29wsx
Klau, M. N., Bili, L. D., Lengo, M. D., & Artikel, I. (2022). STUDI TENTANG SARANA DAN PRASARANA OLAHRAGA REKREASI. 4(2), 10–18.
Sayogi, K. W., & Demartoto, A. (2018). PENGEMBANGAN PARIWISATA BAHARI (Studi Deskriptif Pada Pelaku Pengembangan Pariwisata Bahari Pantai Watukarung Desa Watukarung Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan). Journal of Development and Social Change, 1(1), 9. https://doi.org/10.20961/jodasc.v1i1.20728
Suryani, D. (2009). Potensi Wisata Pantai Glagah sebagai Obyek Wisata Alam di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. 2015, 1–239. https://doi.org/10.36275/mws
DOI: http://dx.doi.org/10.47256/kji.v17i3.224
Refbacks
- There are currently no refbacks.
______________________________________________________________________________________________________
Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.