PERANCANGAN KONSEP METAVERSE DALAM PARIWISATA BAHARI DI KARIMUNJAWA

Muhamad Hasan Basori, Utari Fatma Dewi

Abstract


Abstract

Technology in its development becomes an opportunity in all fields, especially tourism. The Innovation metaverse has become an attraction that needs to be developed starting from the design stage. Metaverse in tourism is a concept that can promote regional tourism. This study aims to design the initial stage of the concept metaverse in maritime tourism in Karimunjawa. The method applied in this study is qualitative method with a descriptive approach. Researchers made direct observations, in-depth interviews, and data analysis of the research object. Researchers use the theory of Metaverse, Marine tourism, and Virtual reality. The research results show the potential for marine tourism in Karimunjawa, the natural beauty of coral reefs, and activities that can be done in the Karimunjawa maritime area. The system design of Karimunjawa-metaverse shows three displays interface, contains the registration menu referring to the account registration process, the home menu contains activities and destinations that can be accessible by the user, and the guide menu serves to assist users when accessing Karimunjawa-metaverse.


Abstrak

Teknologi dalam perkembangannya menjadi peluang di segala bidang, terutama pariwisata. Inovasi  metaverse  menjadi daya tarik yang perlu dikembangkan mulai dari tahap perancangan.  Metaverse  dalam pariwisata menjadi konsep yang  mampu mempromosikan  daerah pariwisata.  Penelitian ini bertujuan untuk merancang tahap awal konsep metaverse dalam pariwisata bahari di Karimunjawa. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti melakukan observasi  secara langsung, wawancara mendalam, dan analisa data terhadap objek penelitian, yakni pelaku pariwisata di Karimunjawa.  Peneliti juga menggunakan sumber literatur sebagai data pendukung. Untuk menghasilkan inovasi Karimunjawa-metaverse, peneliti menggunakan teori Metaverse, Marine tourism, dan Virtual reality. Hasil Penelitian  menunjukkan potensi pariwisata bahari di Karimunjawa yakni keindahan alam terumbu karang dan aktivitas yang bisa dilakukan di kawasan bahari Karimunjawa. Peracangan desain sistem Karimunjawa-metaverse memiliki tampilan interface berisi menu registration yakni proses pendaftaraan akun, menu home berisi aktivitas dan destinasi yang dapat akses oleh pengguna, dan menu guide berfungsi membantu pengguna dalam menggunakan Karimunjawa-metaverse.



Keywords


Metaverse; Pariwisata Bahari; Desain Sistem; Virtual Reality



DOI: http://dx.doi.org/10.47256/kji.v17i3.317

Refbacks



______________________________________________________________________________________________________

Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.