PENGARUH STRATEGI EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA THE WESTLAKE RESTO YOGYAKARTA

Suhartapa Suhartapa, Arif Sudaryana, Supardi Supardi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiental marketing terhadap kepuasan pelanggan pada restoran The Westlake Resto. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah konsumen The Westlake Resto. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan survei kuesioner  berjumlah 100 kuisioner. Teknik yang digunakan adalah teknik simple random sampling yaitu teknik pengambilan sampel ini dilakukan di lokasi penelitian secara acak tanpa memperhatikan tingkatan  atau kriteria yang  ada. Analisis data yang digunakan  adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa experiental marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan koefisien determinasi Adjusted R square menunjukkan nilai sebesar 52,3% dan jumlah kepuasan pelanggan yang terjadi dapat dijelaskan dengan menggunakan variabel sense, feel, think, act, dan relate. Sedangkan sisanya sebesar 47,7% dapat dijelaskan oleh faktor-faktor penyebab lainnya di luar penelitian ini.

Abstract

This study aims to determine the effect of experiential marketing on customer satisfaction at The Westlake Resto restaurant. The population and sample in this study are consumers of The Westlake Resto. Collecting research data using a questionnaire survey totaling 100 questionnaires. The technique used is simple random sampling technique, namely this sampling technique is carried out at research locations randomly without regard to the level or existing criteria. The data analysis used is multiple regression analysis. The results of this study indicate that experiential marketing has a positive and significant effect on customer satisfaction. While the coefficient of determination Adjusted R square shows a value of 52.3% and the amount of customer satisfaction that occurs can be explained using the variables sense, feel, think, act, and relate. While the remaining 47.7% can be explained by other causal factors outside of this study.


Keywords


Experiental Marketing; Kepuasan Pelanggan; The Westlake Resto

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Ruslam. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Andreani, Fransisca. 2007. “Experiential Marketing (Sebuah Pendekatan Pemasaran).” Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 2, No. 1, h. 1-8

Christian, A. & Dharmayanti, D. (2013). Pengaruh experiential marketing terhadap customer satisfation dan customer loyalty the light cup di surabaya town square. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra

Eka, Melviani Rayina. Yuliana Eka. 2016. Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Wiki Koffie. E-Proceeding of Management.

Ghozali, Imam. 2009, Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penrbit Universitas Diponegoro.

Irma Y., Retno W., Misbahul A. (2019). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang di Warung Kopi Klotok Kaliurang Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis. Vol. I No. 1

Kartajaya, Hermawan. 2004. Marketing In Venus. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 2014. Prinsip-prinsip Manajemen. Edisi 14,Jilid1. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1. Jakarta : PT Indeks.

Marisa, Oktafalia. Janny Rowena. 2017. Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Hospitalis Restaurant and Bar. Conference on Management and Behavioral Studies.

Schmitt B. 1999. Experiential Marketing: How to Get Customers to Sense, Feel, Think, Act and Relate to Your Company and Brands. New York (US): The Free Press.

Sriayudha, Yayuk.2013. Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Samsung Galaxy Tab. Jurnal Dinamika Manajemen.

Sugiyono.2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suryanto, L, dkk., 2002, “Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Persepsi Kulaitas Layanan untuk Menciptakan Kepuasan dan Loyalitas Nasabah, Jurnal Bisnis dan Strategi, Program MM UNDIP, Semarang

Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Malang : Bayu Media Publishing

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi.

Yuliawan, E., & Ginting, M. (2016). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt Bank Mandiri Cabang Medan Balai Kota. Jwem (Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil), 6(1), 1-12.

Wilkie, William L. 1994. Customer Behavior (Third Edition). New York. Jhon Wiley& Sons, Inc, s




DOI: http://dx.doi.org/10.47256/kji.v18i1.339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


______________________________________________________________________________________________________

Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.