BAHASA INDONESIA DALAM KUALITAS LAYANAN PARIWISATA DI CANDI PRAMBANAN

Agita Musdhalifah, Mochammad Akmal Thoriq Firdaus, Najwa Nur Shadrina, Naura Mahira Zahidah, Sophia Afifah, Mochammad Whilky Rizkyanfi

Abstract


Abstract

Tourist satisfaction is the main key to the running of a tourism industry, providing a memorable and unforgettable experience. One way to get tourist satisfaction is to provide all the information that tourists want clearly, and easily understood. In Indonesia itself, Indonesian is the national language that is often used and understood by all Indonesian people. For this reason, the author conducted a study that discussed the effect of Indonesian on customer satisfaction. In this study the authors used a qualitative approach, using secondary data sources. The data collection process is carried out through document analysis, literature, then archived, and collecting data information that is already available which is continuous with the phenomenon under study. So that the author can conclude that, tourist satisfaction is the main key to the running of a tourism industry, providing a memorable and unforgettable experience. One way to get tourist satisfaction is to provide all the information that tourists want clearly, and easily understood. In Indonesia itself, Indonesian is a national language that is often used and understood by all Indonesian people.

Keywords: Bahasa; Tourism Services Quality; Prambanan Temple


Abstrak

Kepuasan wisatawan merupakan kunci utama dari berjalannya sebuah industri pariwisata, memberikan sebuah pengalaman yang berkesan dan tidak dapat dilupakan. Salah satu cara untuk mendapatkan kepuasan wisatawan adalah dengan memberikan segala informasi yang wisatawan ingin secara jelas, dan mudah dipahami. Di indonesia sendiri, Bahasa Indonesia menjadi Bahasa nasional yang kerap digunakan dan dimengerti oleh seluruh masyarakat Indonesia. Atas hal tersebut, makapenulis melakukan sebuah penelitian yang membahas mengenai pengaruh Bahasa Indonesia terhadap kepuasan pelanggan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan sumber data sekunder. Proses pengumpulan data dilakukan melalui analisis dokumen, literatur, kemudian di arsipkan, serta mengumpulkan informasi data yang sudah tersedia yang berkesinambungan dengan fenomena yang diteliti. Sehingga penulis dapat menyimpulkan bahwa, kepuasan wisatawan merupakan kunci utama dari berjalannya sebuah industri pariwisata, memberikan sebuah pengalaman yang berkesan dan tidak dapat dilupakan. Salah satu cara untuk mendapatkan kepuasan wisatawan adalah dengan memberikan segala informasi yang wisatawan ingin secara jelas, dan mudah dipahami. Di indonesia sendiri, Bahasa Indonesia menjadi bahasanasional yang kerap digunakan dan dimengerti oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Kata Kunci: Bahasa Indonesia; Kualitas Pelayanan Pariwisata; Candi Prambanan


Keywords


Bahasa Indonesia; Kualitas Pelayanan Pariwisata; Candi Prambanan



DOI: http://dx.doi.org/10.47256/kji.v18i1.502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


______________________________________________________________________________________________________

Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.