PENGARUH SEGMENTASI PASAR TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KE SEA WORLD ANCOL
Abstract
Abstract
Sea World Ancol is a tourist attraction for entertainment, education, and conservation that offers the beauty and diversity of aquatic biota through aquarium. Sea World management has implemented market segmentation since this place opened in 1994. This market segmenting was implemented to overcome the small number of visitors on weekdays by approaching the education sector so that it can attract students on weekdays. Therefore, this research aims to find out how much influence market segmentation has on interest in visiting Sea World Ancol. The approach used in this research is a quantitative method with an associative research strategy. The sampling procedure used in this research was purposive sampling, with a total of 100 respondents calculated using the Slovin formula. The data in this study was obtained through a questionnaire distributed using Google form with a 1-6 Likert Scale. Based on hypothesis testing, namely the t-test, market segmentation variables influence tourist interest in visiting Sea World Ancol. The coefficient of determination hypothesis test states that the market segmentation variable has an influence of 77.4 percent while the other 22.6 percent is influenced by other factors outside this research.
Keywords: Sea World Ancol; Market Segmentation; Interest in Visiting; Tourist Destination
Abstrak
Sea World Ancol merupakan salah satu destinasi wisata untuk hiburan, edukasi dan konservasi yang menawarkan kecantikan serta keberagaman biota akuatik melalui media akuarium. Pihak pengelola Sea World sudah menerapkan segmentasi pasar semenjak tempat ini dibuka pada tahun 1994, pengelompokan pasar ini diterapkan untuk mengatasi sedikitnya jumlah pengunjung di hari kerja dengan cara melakukan pendekatan ke dunia pendidikan sehingga mampu mendatangkan pelajar pada saat hari kerja. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh segmentasi pasar terhadap minat berkunjung ke Sea World Ancol. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan strategi penelitian asosiatif. Prosedur pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dengan jumlah 100 responden yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Data pada penelitian ini diperoleh melalui kuisioner yang disebar menggunakan Google form dengan skala Likert 1-6. Berdasarkan pengujian hipotesis yaitu uji t, variabel segmentasi pasar berpengaruh terhadap minat berkunjung wisatawan ke Sea World Ancol. Adapun uji hipotesis koefisien determinasi yang menyatakan bahwa variabel segmentasi pasar berpengaruh sebesar 77,4 persen sementara 22,6 persen lainnya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Kata Kunci: Sea World Ancol; Segmentasi Pasar; Minat Berkunjung; Destinasi Wisata
Keywords
References
Ancol. (2020). Sea World Ancol. https://www.ancol.com/unit-rekreasi/sea-world-ancol--3
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 26 (Edisi 10). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, P. (2019). Manajemen Pemasaran (Edisi Mile). Prenhalindo.
Laia, S., Dakhi, Y., & Dakhi, P. (2021). Pengaruh Segmentasi Pasar Terhadap Volume Penjualan Di UD.Lis Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan.
Lestari, A. D. (2019). Pengaruh Strategi Segmentasi Pasar Terhadap Keputusan Pembelian Pada Panties Pizza Di Surabaya. Universitas Narotama Surabaya.
Novalita, N., & Rucitra, A. A. (2021). Re-Desain Sea World Ancol dengan Konsep Edutainment untuk Meningkatkan Kepedulian Masyarakat Indonesia akan Lingkungan Hidup Laut. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 9(2). https://doi.org/10.12962/j23373520.v9i2.58000
Nurbaeti, R. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Melalui Minat Berkunjung Wisatawan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Taman Wisata “Genilangit” Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur).
Pradana, M. I. W., & Mahendra, G. K. (2021). Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Sektor Pariwisata Di Objek Wisata Goa Pindul Kabupaten Gunungkidul. Journal of Social Politics and Governance (JSPG), 3(2), 73–85. https://doi.org/10.24076/jspg.2021v3i2.623
Prasetiawan, N. R., Kurniasih, R. A., Ma’Muri, Setiawan, A., Bramawanto, R., Mulyadi, U., & Nugraha, A. R. (2023). Life support systems and aquatic communities in public aquariums. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1221(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/1221/1/012021
Raharjo, M. (2023). Bagaimana Menemukan Masalah Penelitian? https://humaniora.uin-malang.ac.id/component/content/article/106-artikel/5542-bagaimana-menemukan-masalah-penelitian?Itemid=437
Rizki Krisnadi, A., & Onggo, R. (2018). The Effect of Consumer Behavior on Decision Visit to Seaworld Ancol Jakarta. 52(Ictgtd), 258–273. https://doi.org/10.2991/ictgtd-18.2018.32
Selia, T. (2021). Pengaruh Sales Promotion Shopee Food Terhadap Minat Beli: Survei pada Followers @Shopeefood_id di DKI Jakarta. Universitas Multimedia Nusantara.
Sudarmawan, T., & Sofiani. (2023). Pengaruh Promosi Online Terhadap Keputusan Berkunjung ke Sea World Ancol. Jurnal Kepariwisataan, 27–36.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Alphabeta.
Suharsirni Arikunto. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian). Andi.
DOI: http://dx.doi.org/10.47256/kji.v18i3.535
Refbacks
- There are currently no refbacks.
______________________________________________________________________________________________________
Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.