PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KOPI NAKO ALAM SUTERA

Jennifer Siona, Yudhiet Fajar Dewantara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh store atmosphere dan keberagaman produk terhadap kepuasan konsumen. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada konsumen. Metode analisis data yang digunakan meliputi statistik deskriptif, uji asumsi klasik, regresi berganda, dan uji hipotesis. Hasil uji normalitas dengan Kolmogorov-Smirnov menunjukkan bahwa data berdistribusi normal jika nilai probabilitas signifikan ≤ 0,05. Uji multikolinearitas menunjukkan tidak adanya gejala multikolinearitas jika nilai tolerance > 0,10 dan VIF < 10. Uji heteroskedastisitas menunjukkan tidak adanya heteroskedastisitas jika nilai signifikansi > 0,05. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa setiap variabel bebas memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel terikat jika nilai t hitung lebih besar dari t tabel dan nilai signifikansi < 0,05. Uji simultan dengan uji F menunjukkan pengaruh signifikan secara bersama-sama dari variabel independen terhadap variabel dependen jika nilai F penelitian > F tabel dan nilai signifikansi < 0,05. Penelitian ini menyimpulkan bahwa store atmosphere dan keberagaman produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, memberikan implikasi praktis bagi pengelola toko untuk meningkatkan kedua faktor tersebut guna meningkatkan kepuasan konsumen.

Keywords


Keberagaman Produk; Kepuasan Konsumen; Store Atmosphere

References


Aini, A. N., & Tuti, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Store Atmosphere Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Di J.CO. 4(1), 1–14.

Berman, B., Evans, J. R., & Chatterjee, P. (2018). Retail management: A strategic approach (Thirteenth edition). Pearson.

Chistopher, L., Jochen, W., & Jacky, M. (2016). Pemasaran Jasa (Edisi ketujuh). Erlangga.

Creswell, J. W. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Sage Publications Ltd.

Daulay, R., Handayani, S., & Ningsih, I. P. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Store Atmosphere dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Konsumen Department Store di Kota Medan. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA), 1(1), 1–14.

Febriani, F., & Fadili, D. A. (2021). Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survey Pada Café Patroli Kopi Karawang). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(3), 368. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i3.10100

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, P., & Armstrong, G. M. (2010). Principles of Marketing. Pearson College Division.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Marketing Management (16th ed.). Pearson.

Lieyanto, D. M., & Pahar, B. H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan. BIP’s JURNAL BISNIS PERSPEKTIF, 13(2), 88–101. https://doi.org/10.37477/bip.v13i2.216

Medri, D., & Fadli, M. (2023). Dampak Store Atmosphere, Store Location dan Kualitas Produk dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen (Studi pada Hulubalang Culture Cafe Ujungbatu). Jurnal Aplikasi Bisnis, 21(1), 31–42.

Murni, T., & Nabilla, H. Y. (2024). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus di Padda Coffe Kota Batu). Journal Akses STIA Malang, 6(1), 24–31.

Mustaqim, A. H., Adinata, Y. F., Suryani, A., & Sanjaya, V. F. (2022). Pengaruh Store Athmosphere Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Cafe Notiz Hut Bandar Lampung. Journal for Management Student (JFMS), 2(3), 12–20.

Naini, N. F., Sugeng Santoso, Andriani, T. S., Claudia, U. G., & Nurfadillah. (2022). The Effect of Product Quality, Service Quality, Customer Satisfaction on Customer Loyalty: The Effect of Product Quality, Service Quality, Customer Satisfaction on Customer Loyalty. Journal of Consumer Sciences, 7(1), 34–50. https://doi.org/10.29244/jcs.7.1.34-50

Prasyanti, P. A., Ningrum, N. R., & Basri, A. I. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Manajemen Equilibrium, 1(1), 16–23.

Purnami, I. G. A. T., Imbayani, I. G. A., & Prayoga, I. M. S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Kosumen Pada Warung Demung Di Sibangkaja. Jurnal EMAS, 4(6), 1350–1361.

Rahman, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada CV. Jaya Motor Bekasi. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(1), 99. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i1.3622

Rahmawati, D., Rahadhini, M. D., Rahadhini, M. D., Sumaryanto, S., & Sumaryanto, S. (2020). Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Produk Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi (Survei Pada Konsumen Marakez Café di Surakarta). JURNAL EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN, 20(1). https://doi.org/10.33061/jeku.v20i1.4371

Sarwono, J. (2007). Analisis Jalur Untuk Riset Bisnis Dengan SPSS. Andi Offset.

Sauw Fa, Y. P., Sardanto, R., & Hadi, D. K. (2021). Analisis Store Atmosphere, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Belikopi Kediri. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 1553–1556.

Setiawan, F. B., Udayana, I. B. N., & Maharani, B. D. (2023). Analisis Pengaruh Store Atmosphere, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Cafe Basabasi Yogyakarta. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 8(1), 470–479. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.742

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.

Utomo, P., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Kualitas Layanan Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan. Jurnal Ilmiah Ekonomi, 17(1), 40–60.

Yusuf, M., & Matiin, N. (2023). Analysis Of The Effect Of The Marketing Mix On Purchasing Decisions. International Journal of Economics and Management Research, 1(3), 177–182. https://doi.org/10.55606/ijemr.v1i3.56




DOI: http://dx.doi.org/10.47256/kji.v18i3.550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


______________________________________________________________________________________________________

Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.