KAJIAN IMPLEMENTASI VISITOR MANAGEMENT DI DESA WISATA NGLANGGERAN

Syeda Zainab Nasir, Yusfi Shabrina, Hindun Nurhidayati, I Made Adhi Gunadi

Abstract


Abstract

 

This research aims to analyze the implementation of visitor management in Nglanggeran Tourism Village. The method in this research refers to a qualitative research method that is descriptive and analytical. Data collection techniques include direct observation, interviews, and literature studies, while data analysis is done through method triangulation. The results showed that the implementation of visitor management in Nglanggeran Tourism Village has been going well, as evidenced by the increase in tariffs for entrance ticket which is effective in controlling the number of tourist visits. In addition, offering various tour packages and tour guide services can optimize the quality of the tourist experience so that it helps achieve tourist satisfaction. However, a clearer limit on the number of visits is needed to anticipate a significant increase in the number of tourist visits in the future, as well as a reference for managers in determining the capacity of the number of visits that can be received at Nglanggeran Tourism Village. This aims to ensure the achievement of tourist satisfaction and the maintenance of safety and comfort for tourists.

 

Keywords: Visitor management; Tourism Village; Quality of Tourist Experience

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi visitor management di Desa Wisata Nglanggeran. Metode pada penelitian ini merujuk pada metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan analitis. Teknik pengumpulan data meliputi observasi langsung, wawancara, dan studi literatur, sedangkan analisis data dilakukan melalui triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi visitor management di Desa Wisata Nglanggeran sudah berjalan dengan baik, terbukti dengan adanya kenaikan tarif tiket masuk yang efektif dalam mengendalikan jumlah kunjungan wisatawan. Selain itu, penawaran paket wisata yang beragam serta layanan pemandu wisata dapat mengoptimalkan kualitas pengalaman wisatawan sehingga membantu tercapainya kepuasan wisatawan. Namun, diperlukan pembatasan jumlah kunjungan yang lebih jelas untuk mengantisipasi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan secara signifikan di kemudian hari, serta sebagai acuan bagi pengelola dalam menentukan kapasitas jumlah kunjungan  yang dapat diterima di Desa Wisata Nglanggeran. Hal ini bertujuan untuk memastikan tercapainya kepuasan wisatawan dan terjaganya keselamatan dan kenyamanan bagi para wisatawan.

 

Kata Kunci : Visitor management; Desa Wisata; Kualitas Pengalaman Wisatawan


Keywords


Visitor management; Desa Wisata; Kualitas Pengalaman Wisatawan

References


Albrecht, J. N. (2017). Introduction to Visitor management in Tourism Destinations. Visitor Management in Tourism Destinations, 3–8.

Ariani, R. F. (2018). Pola Visitor management di Atraksi Wisata Air Mancur Sri Baduga Purwakarta (Program Studi Pariwisata, Fakultas Pariwisata). Universitas Pancasila.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Damanik, J., & Yusuf, M. (2022). Effects of perceived value, expectation, visitor management, and visitor satisfaction on revisit intention to Borobudur Temple, Indonesia. Journal of Heritage Tourism, 17(2), 174–189.

Dewi, L. (2023). Manajemen Pengunjung Di Destinasi Wisata.

Dorojati, R., Widiputranti, C. S., & Purnomo, H. (2022). Model Integrasi Pokdarwis Dengan Bumdes Dalam Meningkatkan Potensi Ekonomi Di Kalurahan Nglanggeran Kapanewon Patuk Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Fadliyah, S. H., & Imaddudin, I. (2024). Manajemen Komunikasi Pembangunan Pariwisata Destinasi Alam Dan Budaya Dalam Menarik Kunjungan Wisatawan Pada Desa Wisata Hegarmukti Bekasi. Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 18(2), 185–198.

Glasson, J., Godfrey, K., & Goodey, B. (1995). Towards Visitor Impact Management.

Hakim, M. A. (2022). Strategi Pentahelix pada Perencanaan Pariwisata di Desa Hegarmukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Destinesia Jurnal Hospitaliti & Pariwisata, 4(1), 9.

Hermawan, H. (2016). Dampak pengembangan Desa Wisata Nglanggeran terhadap ekonomi masyarakat lokal. Jurnal Pariwisata, 3(2), 105–117.

Huberman, A. (2014). Qualitative data analysis a methods sourcebook.

Mason, P. (2020). Tourism impacts, planning and management. Routledge.

Mathieson, A., & Wall, G. (1982). Tourism, economic, physical and social impacts.

Newsome, D., Moore, S. A., & Dowling, R. K. (2013). Natural Area Tourism. Ecology, Impacts and Management (2nd ed.). Channel View.

Putra, F. A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Kelompok Sadar Wisata Di Desa Nglanggeran, Yogyakarta. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(2), 883–890.

Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif.

Rahayu, A. P., Budyartati, S., Dewantara, A. H., Rohani, T., & Hikmawati, N. (2023). Dampak Desa Wisata pada Kehidupan Masyarakat. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 4(1), 71–79.

Rahayu, M., & Pratama, Y. S. (2024). Pengelolaan Pengunjung di Kawasan Wisata Alam Lolai Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Pariwisata Terapan, 6(2), 72–82.

Rofiq, M. R., & Prananta, R. (2021). Jenis-jenis objek ekowisata dan peran kelompok sadar wisata (pokdarwis) Nglanggeran dalam pengelolaan ekowisata di desa wisata Nglanggeran kabupaten Gunungkidul. Journal of Tourism and Creativity, 5(1), 14–27.

Supriadi, S. E. B., & Roedjinandari, N. (2017). Perencanaan dan pengembangan destinasi pariwisata. Universitas Negeri Malang.

Suteja, I. W., & Wahyuningsih, S. (2023). Penerapan Visitor Management Dalam Mengurangi Dampak Lingkungan Pada Daya Tarik Wisata Loang Baloq Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(1), 61–70.

UNWTO. (2021). Best Tourism Villages. United Nation World Tourism Organization. Unwto.Org. https://www.unwto.org/news/unwtoannounces-%0Alist-of-best-tourism-villages-2021

Zelenka, J., & Kacetl, J. (2013). Visitor management in protected areas. Czech Journal of Tourism, 2(1), 5–18.




DOI: http://dx.doi.org/10.47256/kji.v18i3.595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


______________________________________________________________________________________________________

Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.