TRANSFORMASI DIGITAL MARKETING DESA WISATA MELALUI KEMAS ULANG INFORMASI
Abstract
Abstract
In today's digital era, the internet and social media have become the main sources of information for tourists. Therefore, it is important for tourism destinations to repackage information with effective digital strategies. The purpose of this study was to determine the digital marketing transformation of tourism villages through information repackaging. This study was conducted using a qualitative method using literature study data collection techniques. The results of the study can describe that there are various stages that can be carried out to support the digital marketing transformation of tourism villages through information repackaging. The process of repackaging information in tourism product diversification is an important aspect that involves research, analysis, and re-presentation of information to create an interesting experience for prospective tourists. In this process, information is collected comprehensively to provide a clear picture of relevant tourist attractions, attractions, accommodations, culinary, culture, and history. Recommendations for further research include the use of a field-based empirical approach, exploration of tourist perceptions of the effectiveness of information content and its impact on visiting decisions, comparison of media strategies (print and digital), and analysis of the contribution of local community digital literacy to the success of digital marketing of tourist destinations.
Keywords: Information Repackaging; Digital Marketing; Tourism Village
Abstrak
Di era digital saat ini, internet dan media sosial telah menjadi sumber utama informasi bagi para wisatawan. Oleh karena itu, penting bagi destinasi pariwisata untuk melakukan kemas ulang informasi dengan strategi digital yang efektif. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui transformasi digital marketing desa wisata melalui kemas ulang informasi. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data studi kepustakaan. Hasil penelitian dapat menguraikan bahwa terdapat berbagai tahapan yang dapat dilakukan untuk mendukung transformasi digital marketing desa wisata melalui kemas ulang informasi. Proses kemas ulang informasi pada diversifikasi produk pariwisata merupakan aspek penting yang melibatkan penelitian, analisis, dan penyajian ulang informasi guna menciptakan pengalaman menarik bagi calon wisatawan. Dalam proses ini, informasi dikumpulkan secara komprehensif untuk memberikan gambaran yang jelas tentang objek wisata, atraksi, akomodasi, kuliner, budaya, dan sejarah yang relevan. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya mencakup penggunaan pendekatan empiris berbasis lapangan, eksplorasi persepsi wisatawan terhadap efektivitas konten informasi serta dampaknya terhadap keputusan berkunjung, perbandingan strategi media (cetak dan digital), serta analisis kontribusi literasi digital masyarakat lokal terhadap keberhasilan pemasaran destinasi wisata secara digital.
Kata Kunci: Kemas Ulang Informasi; Digital Marketing; Desa Wisata
Keywords
References
Alfiana, A., & CMS, S. (2020). Layanan Kemas Ulang Informasi Berbasis Digital. PUSTABIBLIA: Journal of Library and Information Science, 4(2), 245–264.
Alifahmi, H. (2018). Identitas Merek Tujuan Pariwisata dan Kerangka Kerja Gambar. Jurnal Industri Pariwisata, 1(1), 20–29.
Darmayanti, P. W., Oka, I. M. D., & Hidayana, F. F. (2023). PERAN DIGITAL MARKETING DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA DI KABUPATEN TABANAN. Jurnal Kajian Dan Terapan Pariwisata (JKTP), 3(2), 20–29.
Desa Wisata Tinalah. (2021a). Inovasi Desa Wisata Tinalah Sebagai Desa Wisata Digital Yogyakarta. https://www.dewitinalah.com/2021/06/desa-wisata-digital-inovasi-dewi-tinalah.html
Desa Wisata Tinalah. (2021b). Konsep Desa Wisata Digital: Digitasi—Digitalisasi—Transformasi Digital. https://www.dewitinalah.com/2021/06/desa-wisata-digital.html
Desa Wisata Tinalah. (2021c). Kriteria Desa Wisata Digital Wujudkan Desa Mandiri dengan TIK. Desa Wisata Tinalah. https://www.dewitinalah.com/2021/08/kriteria-desa-wisata-digital.html
Hanggraito, A. A., & Sanjiwani, N. M. G. (2020). Tren Segmentasi Pasar dan Perilaku Wisatawan Taman Bunga Amaryllis di Era 4.0. Journal of Tourism and Creativity, 4(1), 43–58.
Mayasari, R., Putra, M. S. G. P., Hadiwijaya, H., Alfitriani, & Putra, R. R. (2022). Desa Wisata Sebagai Pembangunan Ekonomi Desa. Nasya Expanding Management.
Oktavia, R., & Marlini. (2018). KEMAS ULANG INFORMASI PEPATAH-PETITIH MINANGKABAU DALAM BENTUK E-BOOK. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 7(2), 150–159.
Priatmoko, S., Kabil, M., Purwoko, Y., & Dávid, L. D. (2021). Rethinking Sustainable Community-Based Tourism: A Villager’s Point of View and Case Study in Pampang Village, Indonesia. Sustainability, 13(6), 32–45.
Rahma, N. M. (2020). WebGIS sebagai media diseminasi kemas ulang informasi. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 16(2), 224–238.
Saputra, A., & Arif, E. (2021). Era Baru Kemas Ulang Informasi (KUI) Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Secara Daring. VISI PUSTAKA, 23(2), 153–165.
Shinta, C., & Rachman, M. A. (2020). KEMAS ULANG INFORMASI SEBAGAI UPAYA PEMANFAATAN INFORMASI DAN DATA DI PERPUSTAKAAN INSTITUT PERTANIAN BOGOR. Bibliotech: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 5(1), 27–38.
Sulistyadi, Y., Eddyono, F., & Entas, D. (2021). Indikator Perencanaan Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan. AURA.
Sunaki, F., & Christiani, L. (2015). KEBUTUHAN DAN PERILAKU PENCARIAN INFORMASI WISATAWANDI TOURIST INFORMATION CENTER PEMUDA SEMARANG. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(2), 106–112.
Wahidah, H. (2018). Instagram Sebagai media social Movement (Studi Kasus @Merawatjogja). Jurnal Pustaka Ilmiah, 4(1), 540–548.
Wisnawa, I. M. B., Prayogi, P. A., & Sutapa, I. K. (2021). Manajemen Pemasaran Pariwisata: Pengembangan Potensi Produk Wisata Perdesaan. Deepublish.
Yacob, S., Qomariyah, Marzal, J., & Mulyana, A. (2021). Strategi Pemasaran Desa Wisata. Wida Publishing.
Yanti, D. (2020). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Kunjungan Wisata Di Danau Toba. Khasanah Ilmu : Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 11(1), 16–26.
DOI: http://dx.doi.org/10.47256/kji.v19i2.603
Refbacks
- There are currently no refbacks.
______________________________________________________________________________________________________
Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.