ANALISIS STRATEGI MENGGUNAKAN BAURAN PEMASARAN 7P DENGAN PENDEKATAN SWOT PADA AKOMODASI WISATA BOBOCABIN RANCA UPAS

Nurul Ulfa, Berliani Nur Isnaini, Pringgo Dwiyantoro

Abstract


Abstract

This research discusses the marketing strategy for Bobocabin as one of the lodging accommodations in Ranca Upas, Bandung Regency. Its cool climate and extraordinary natural beauty are a special attraction for tourists who come. The purpose of this research is to identify the 7P marketing mix as well as how the strengths, weaknesses, opportunities, and threats at Bobocabin Ranca Upas. This research uses a qualitative approach. Resulting in all marketing mix variables that positively influence the development of Bobocabin in Ranca Upas. The concept of cabin lodging with multisensor technology (product) and strategic location (place) are strengths while the limitations of the cabin (process) are weaknesses seen through SWOT analysis and IFAS/EFAS matrix, Bobocabin has been assessed to have a stable position. The recommendation for further research is to conduct research with the same object using other collaborative strategies so that it can be used as a better reference for Bobocabin Rancaupas.

Keywords: Marketing Mix 7P; SWOT; Bobocabin

Abstrak

Penelitian ini akan membahas tentang penerapan strategi pemasaran untuk Bobocabin sebagai salah satu akomodasi penginapan yang ada di Ranca Upas,  Kabupaten Bandung. Iklimnya yang dingin dan sejuk serta menawarkan keindahan alam yang luar biasa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi bauran  pemasaran 7P serta bagaimana kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada Bobocabin Ranca Upas. Penelitian ini menggunakan pendekatan  kualitatif. Menghasilkan seluruh variabel bauran pemasaran yang berpengaruh secara positif untuk pengembangan Bobocabin di Ranca Upas. Konsep penginapan kabin dengan teknologi multisensor (product) dan lokasi strategis (place) menjadi kekuatan sedangkan keterbatasan kabin (process) menjadi kelemahan dilihat melalui analisis SWOT dan matriks IFAS/EFAS, Bobocabin sudah dinilai memiliki posisi yang stabil. Adapun rekomendasi bagi penelitian selanjutnya adalah melakukan penelitian dengan objek yang sama dengan menggunakan strategi kolaborasi lainnya sehingga dapat dijadikan acuan yang lebih baik bagi Bobocabin Rancaupas.

Kata Kunci: Bauran Pemasaran 7P; SWOT; Bobocabin


Keywords


Bauran Pemasaran 7P; SWOT; Bobocabin

References


BPS Kabupaten Bandung. (2024). Kecamatan Rancabali Rancabali Dalam Angka 2024. (Katalog/Catalogue: 1102001.3204011, Vol. 13).

Fadhiil, Muhammad Fuad, & Muchatar, Fauzi Ramdhani. (2024). Analisis Potensi Pengembangan Wisata Berkelanjutan: Studi pada Destinasi Wisata Ranca Upas, Ciwidey. Jurnal Nasional Pariwisata. Vol 14. No 1.

Eka, A. (2023). Bobocabin Ranca Upas, Hotel Modern Di Tengah Wisata Alam Bandung! radarbanyumas.co.id. https://radarbanyumas.disway.id/read/89014/bobocabin-ranca-upas-hotel-modern-di-tengah-wisata-alam-bandung

Naibaho, L. F. S., & Ratnaningsih, I. Z. (2020). Hubungan Antara Work-Family Conflict Dengan Komitmen Organisasi Pada Karyawati Bank “X” Di Semarang. Jurnal EMPATI, 7(2), 788-793. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21714

Rangkuti, Freddy. (2015). Teknik Membedah kasus Analisis SWOT. Gramedia Pustaka.

Setiawati, R., Fachrial, P., & Widia, R. (2020). Formulasi Strategi Peningkatan Penjualan Cargo Service Center PT Citilink Indonesia di Jakarta. Jurnal Manajemen, 11(1), 35. https://doi.org/10.32832/jm-uika.v11i1.2925

Sudaryana, M.L., & Oktavia, V. (2015). Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung: Alfabeta

Suriono, Z. (2022). Analisis SWOT dalam Identifikasi Mutu Pendidikan. ALACRITY : Journal of Education, 1(20), 94–103. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i3.50

Tempo. (2023). Bobobox brand inovatif dan relevan bagi Gen-Z. https://inforial.tempo.co/info/1007603/markplus-corp-bobobox-brand-inovatif-dan-relevan-bagi-gen-z.

Oktaviani, D., Kaniawati, K., & Sukma, A. (2023). Implementation of Digital Campaign in Ranca Upas for Sustainable Tourism. Kontigensi : Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(2). https://doi.org/10.56457/jimk.v11i2.443

Oppal. (2023). Ranca Upas, Dulu Jadi Tempat Latihan Kopassus Kini Jadi Bumi Perkemahan - Oppal.co.id. Oppal - New in News. https://oppal.co.id/news/ranca-upas-dulu-jadi-tempat-latihan-kopassus-kini-jadi-bumi-perkemahan/. Diakses 21 Desember 2024.




DOI: http://dx.doi.org/10.47256/kji.v18i3.668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


______________________________________________________________________________________________________

Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.