ANALISIS PERSPEKTIF PENGENALAN BANGUNAN CAGAR BUDAYA DI KOTA CIREBON MENGGUNAKAN ENGLISH STORYTELLING
Abstract
Abstract
In the city of Cirebon, there are cultural heritage sites that have their own unique characteristics at each location. The introduction of cultural heritage sites in Cirebon City can be done through multilingual approaches, such as using English as the medium for delivering information through visualization or literacy. The purpose of this research is to introduce cultural heritage buildings in the city of Cirebon through English storytelling. The research locations are Goa Sunyaragi, Keraton Kasepuhan, Masjid Agung Sang Cipta Rasa, and the BAT Building (British America Tobacco). This research uses a qualitative method with the distribution of questionnaires to 17 respondents who are students of the Diploma IV Convention and Event Management at Politeknik Pariwisata Prima Internasional. The sampling technique used is purposive sampling with predetermined samples. From the highest percentage result, 58.8% of respondents strongly agreed that using storytelling techniques can provide insights into the history of a cultural heritage site in the city of Cirebon. Additionally, by using storytelling, respondents can improve their skills in storytelling English and feel pleased with the storytelling technique, achieving percentage result of 47.1%. Thus, results of research using storytelling are expected to help introduce cultural heritage sites in the city of Cirebon.
Keywords: Cultural Heritage; Tourism; English Storytelling
Abstrak
Di Kota Cirebon terdapat sejumlah cagar budaya yang memiliki keunikan masing-masing di setiap lokasinya. Pengenalan terhadap cagar budaya di Kota Cirebon dapat dilakukan melalui pendekatan lintas bahasa, salah satunya menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam penyampaian informasi, baik secara visual maupun literasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperkenalkan bangunan cagar budaya di Kota Cirebon melalui metode English storytelling. Lokasi penelitian mencakup Goa Sunyaragi, Keraton Kasepuhan, Masjid Agung Sang Cipta Rasa, dan Gedung BAT (British American Tobacco). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 17 responden yang merupakan mahasiswa Program Diploma IV Pengelolaan Konvensi dan Acara Politeknik Pariwisata Prima Internasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel yang telah ditentukan sebelumnya. Berdasarkan hasil kuesioner, sebanyak 58,8% responden sangat setuju bahwa penggunaan teknik storytelling dapat memberikan wawasan mengenai sejarah cagar budaya di Kota Cirebon. Selain itu, 47,1% responden menyatakan bahwa storytelling dapat meningkatkan keterampilan mereka dalam bercerita menggunakan Bahasa Inggris serta memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa teknik storytelling dalam Bahasa Inggris dapat menjadi upaya strategis dalam memperkenalkan cagar budaya di Kota Cirebon.
Kata Kunci: Cagar Budaya; Pariwisata; English Storytelling
Keywords
References
Adriyani, R., Erna, E., & Indrianto, R. (2023). Pengembangan Cagar Budaya dan Pariwisata Berbasis Digital Heritage. Exchall: Economic Challenge, 5(1), 12–24. https://jurnal.publikasi-untagcirebon.ac.id/index.php/exchall/article/view/348
Ahnaf, M., Fadhlurrohman, M. A., Dr. Wara Indira Rukmi, ST., M. T., & Johannes Parlindungan, ST., MT., P. D. (2023). Zonasi Kawasan Cagar Budaya Kawasan Keraton Kasepuhan Cirebon. Planning for Urban Region and Environment, 12(April), 189–198. https://purejournal.ub.ac.id/index.php/pure/article/view/545/421
Amelia, P., Azhari, I., Fibriasari, H., Syahputra, R. A., Setiawati, N. A., & Budaya, C. (2024). Strategi Penyelamatan Cagar Budaya di Kabupaten Asahan. Community Development Journal, 5(4), 6165–6173. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj
Anam, M. M., & Rachmadian, A. (2020). Need analysis of English language usage for Tourism university students. EnJourMe (English Journal of Merdeka) : Culture, Language, and Teaching of English, 5(2). https://doi.org/10.26905/enjourme.v5i2.5105
Andriyanti, F., Pratiwi, D., Yunda, D., Bahasa dan Seni Budaya, F., Negeri Yogyakarta Jl Colombo Yogyakarta No, U., Malang, K., Depok, K., & Sleman, K. (2023). Improving Students Writing Skills Through Canva Application At Smp Muhammadiyah Imogiri Yogyakarta. International Journal of Contemporary Studies in Education, 02, 119–126. https://doi.org/10.30880/ijcse.v2i2.416
Annisa Aulia Saharani. (2020). Sittah: Journal of Primary Education, Vol. 1 No. 1 April 2020. Siittah: Journal of Primary Education, 1(1), 67–82.
Annisa, D. H., Susanti, N. W. M., & Wardana, L. A. (2022). the Effect of Storytelling on Students’ Speaking Ability. Journal of English Education Forum (JEEF), 2(2), 28–34. https://doi.org/10.29303/j.v2i2.361
Anrasiyana, A., Sulistyaningsih, S., & Syakur, A. (2022). Creating Vlog as Media in English Language Teaching (ELT):Teaching Speaking. Jurnal Basicedu, 6(2), 3055–3064. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2575
Avci, A., & Kasimi, Y. (2023). A bibliometric analysis of digital storytelling in language education. The Literacy Trek, 9(1), 88–104. https://doi.org/10.47216/literacytrek.1294089
Aziz, A., Kodir, F. A., & . E. (2018). PENGELOLAAN TAMAN WISATA GOA SUNYARAGI: Dampak Sosial dan Ekonomi bagi Masyarakat. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 3(1), 134. https://doi.org/10.24235/jm.v3i1.2943
Beni Hermawan. (2024). Kota Cirebon Dalam Angka (49th ed., Vol. 49). Badan Pusat Statistik Kota Cirebon.
Delvia, R., Taufina, T., Rahmi, U., & Zuleni, E. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa dengan Bercerita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1022–1030. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.230
Fadila, B. S. (2023). Kewenangan Pemerintah Daerah dalam Pelestarian Cagar Budaya Gedung Juang 45 Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Serang Nomor 6 Tahun 2021 Tentang Pelestarian Cagar Budaya. BELEID: JOURNAL OF ADMINISTRATIVE LAW AND PUBLIC POLICY, 1(2), 205–225. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/beleidjalpp/index
Febriandy, R. K., & Revolusi, P. (2024). Digital Storytelling As Political Image Construction in the 2024 Presidential Election Campaign: Case Study of the Tiktok Account @Gibran_Rakabuming. International Journal of Social Science (IJSS), 4(2), 2798–4079. https://doi.org/10.53625/ijss.v4i2.8323
Hanum Luthfiah, Rianingsih Putri Lassari, Sabrina Aulia Rahma, S. S. (2016). Upaya Melestarikan Kebudayaan Indonesia Berbasis Digital Storytelling Di Sekolah Dasar. JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(12), 1–23. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH/article/view/6705
Hien, N. T. T., & Phuong, V. T. (2023). The effectiveness of the storytelling technique on students’ achievement and motivation in English speaking skills. Multidisciplinary Reviews, 6(Special Issue). https://doi.org/10.31893/multirev.2023spe011
Humairah, M., Widiyarti, D., Suminar, P., & Sosiologi, J. (2022). Upaya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Lemo Nakai Dalam Mendukung Sustainable Tourism. Jurnal Kepariawisataan, 18(1), 26–38.
Iryana, W., & Mustofa, M. B. (2023). Upaya Pelestarian Cagar Budaya Batu Bedil Melalui Komunikasi Partisipatif Interpersonal Pada Masyarakat Lokal Di Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. PURBAWIDYA: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Arkeologi, 12(2), 138–155. https://doi.org/10.55981/purbawidya.2023.683
Kaet, P. O., Bouk, E., & Pale, E. S. (2023). Implementation of Storytelling Technique to Improve Speaking Skill. International Journal of English Education and Linguistics (IJoEEL), 5(1), 95–108. https://doi.org/10.33650/ijoeel.v5i1.5883
Kamaruddin, I., Gusnidar, Utami, S., Anwar, Nasrullah, & Munawaroh, M. (2023). Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, Volume 6 No.2, 2023 | 270. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2675–2680. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
Laila Khasanah, N., Arisca, L., Hidayat, H., Hidayah, N., Annarawati, R., Abidin, Z., & Uluan, J. (2023). Manajemen Masjid Dalam Optimalisasi Peran Dan Fungsi Masjid Agung Al-Ikhlas Desa Beliti Jaya. Jurnal Uluan, 1(1), 21–34. https://jurnal.staibsllg.ac.id/index.php/uluan/indexDOI:https://doi.org/10.37092/ul.v5i1.xxx
Machmury, A. (2023). Storytelling-Based Tourism Destinations. SIGn Journal of Tourism, 1(1), 28–42. https://jurnal.penerbitsign.com/index.php/sjt/article/view/v1i1-3
Merawati, M., & Mayar, F. (2021). Strategi Story Telling dalam Mengembangkan Bahasa pada Anak. Jurnal Basicedu, 5(2), 706–716. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.797
Mirdad, J., Nofrianti, M., Zahara, M., & Putra, Y. A. (2023). Eksistensi Masjid dan Sejarah Umat Islam. Proceeding Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah IAIN Kerinci., 1(1), 249–258. https://www.google.com/url?sa=t&shttps://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/pik/article
Nafisa, Riris Setyo Sundari, D. N. (2024). Pengembangan Metode StoryTelling Berbantuan Media Hand Puppet Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Journal of Elementary School, 4(1), 83–93. https://doi.org/10.26877/ijes.v4i1.18064
Nukman, M., Mariana, N., & Subrata, H. (2024). Upaya pemertahanan budaya lokal dalam pembelajaran bahasa asing pada perspektif glokalisasi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 276–283. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/23491/16974
Oktanisfia, N., & Susilo, H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Storytelling dalam Meningkatkan English Speaking Skill at Mr. Bob English Course. JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 5(1), 48–53. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpls/article/view/13036
Parwoto, B. D., Harjanto, A. G., & Peja, E. (2020). Dampak Komunikasi Generasi Milenial Terhadap Perilaku Nomadic Tourism. Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 14(01), 45–52. https://doi.org/10.47256/kepariwisataan.v14i01.18
Pratiwi, A., Jabu, B., & Talib, A. (2023). Using Story Telling to Improve the Speaking Ability of the Third Grade Students of SMP Negeri 2 Pangkajene. Performance: Journal of English Education and Literature, 2(4), 542. https://doi.org/10.26858/performance.v2i4.54289
Putri, P. A. V. ., Santoso, E. B., & Sulistyarso, H. (2020). Potensi dan Kelemahan Kawasan Cagar Budaya di Kota Pontianak. Penataan Ruang, 15(1). https://iptek.its.ac.id/index.php/jpr/article/view/6794/pdf_2
Rohyeni. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan storytelling bahasa Inggris melalui media audio visual berbasis experience. Jurnal Education of Batanghari, 4(3), 106–116. https://ojs.hr-institut.id/index.php/JEB/article/view/135
Sholeh, M., & Maulana, T. (2015). Desain dan Implementasi Sistem informasi Wisata Goa berbasis Google Map. Majalah Ilmiah STTR Cepu, 9(1), 20–27. https://www.sttrcepu.ac.id/jurnal/index.php/simetris/article
Suharyono, E. (2019). Kajian dan Penetapan sebagai Situs Cagar Budaya Gua Jepang di Tretes Prigen Guna Pelestarian dan Penciptaan Daya Tarik Wisata Baru. Jurnal Kepariawisataan, 13(3), 35–48. http://ejournal.stipram.ac.id/index.php/kepariwisataan/article/view/31/28
Sulistianingsih, E., Mujiyanto, J., & ... (2023). Digital Storytelling: Studi Kasus Pengajaran Bahasa Inggris dalam Kecakapan Berbicara pada Mahasiswa. Prosiding Seminar …, 261–265. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/2131%0Ahttps://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/2131/1614
Suwardi Alamsyah P. (2010). Sang Cipta Rasa Cirebon Provinsi Jawa Barat. Patanjala, 2(2), 172–190. https://www.researchgate.net/publication/323789803_NILAI_BUDAYA_ARSITEKTUR_MASJID_SANG_CIPTA_RASA_CIREBON_PROVINSI_JAWA_BARAT
Swantika, I., Harissandi, R., & Anwar, R. D. (2023). Peningkatan Keterampilan Siswa Dalam Kegiatan Story Telling. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(3), 2230–2234.
Swari, U. R. (2022). Using Storytelling To Improve Students’ Ability in Speaking. Jurnal CULTURE (Culture, Language, and Literature Review), 9(1), 45–57. https://doi.org/10.53873/culture.v9i1.296
Utari, I. L., & Zuhdi, U. (2020). Proses belajar mengajar bahasa inggris sebagai bahasa asing disekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan PGSD, 8(5), 1008–1022.
Warliati, A. E., Rafli, Z., & Darmahusni, D. (2019). Discussion and Think-Pair-Share Strategies on the Enhancement of EFL Students’ Speaking Skill: Does Critical Thinking Matter? Journal of English Language Studies, 4(2), 120. https://doi.org/10.30870/jels.v4i2.6100
Yu, B., & Wang, W. (2025). Using digital storytelling to promote language learning, digital skills and digital collaboration among English pre-service teachers. System, 129(January 2024), 103577. https://doi.org/10.1016/j.system.2024.103577
Yuspar Uzer, Y. V. U. (2023). Pembelajaran Bahasa Inggris Dalam Pengenalan Budaya Asing. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 30–36. https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/view/25/25
DOI: http://dx.doi.org/10.47256/kji.v19i1.704
Refbacks
- There are currently no refbacks.
______________________________________________________________________________________________________
Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.