PENGARUH FASILITAS WISATA TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI TAMAN WISATA ALAM GUNUNG KELAM KABUPATEN SINTANG

Aliiffillya Javada, Putri Tipa Anasi, Diah Trismi Harjanti, Hadi Wiyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat fasilitas wisata, tingkat kepuasan pengunjung di Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Kelam Kabupaten Sintang dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara fasilitas wisata terhadap kepuasan pengunjung di Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Kelam Kabupaten Sintang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif melalui teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 31 responden yang pernah mencapai puncak Taman Wisata Alam Gunung Kelam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat fasilitas wisata yang diukur dalam indikator atraksi, aksesibilitas dan amenitas di TWA Gunung Kelam sebesar 87,09%, dinilai “Sangat Baik” oleh responden, sedangkan tingkat kepuasan pengunjung dalam indikator pelayanan dan harga memperoleh hasil keseluruhan sebesar 86,43% dengan kategori “Sangat Puas”. Berdasarkan hasil uji t linear sederhana diperoleh taraf sig. <0,000 < 0,05, yang menunjukkan adanya pengaruh yang cukup signifikan antara fasilitas wisata terhadap kepuasan pengunjung. Maka dapat disimpulkan bahwa fasilitas wisata berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung di Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Kelam.

Keywords


Fasilitas Wisata; Kepuasan Pengunjung; TWA Gunung Kelam

Full Text:

PDF

References


Akbar, J. M. (2020). Pengaruh Pelayanan, Obyek Dan Daya Tarik Wisata Serta Fasilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan (Studi Kasus Pengunjung Pasar Yosomulyo Pelangi (Payungi) Di Kota Metro). In Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Metro.

Anzani, D. (2015). Pengaruh Pemanfaatan Taman Wisata Alam (Twa) Angke Kapuk Sebagai Sumber Belajar Ips Pada Siswa Mts N 3 Pondok Pinang Jakarta Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.

Candrawan, D. A. F. (2021). Pengaruh Fasilitas Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Pantai Tablolong Kabupaten Kupang. In Skripsi. Universitas Nusa Cendana.

Citrawani. (2019). Pengaruh Fasilitas Objek Wisata Terhadap Kunjungan Wisatawan Pada Objek Wisata Pantai Topejawa Kabupaten Takalar (Vol. 11, Issue 1). Universitas Muhammadiyah Makassar.

Dea Ayu Larasati. (2022). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan di Desa Wisata Wanurejo Kabupaten Magelang. Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 18(3), 132–142. https://doi.org/10.56910/gemawisata.v18i3.227

Gusneli. (2016). Pengaruh Fasilitas Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Ke Objek Wisata Air Terjung Bayang Sani Kabupaten Pesisir Selatan (Vol. 4, Issue June). Universitas Negeri Padang.

Hasan, A. (2015). Tourism Marketing, Center for Academic Publishing Service.

Jannah, D. N., Kristiansen, H. N., & Wibowo, M. S. (2024). Pengaruh Kearifan Lokal Terhadap Minat Pengunjung Di Desa Wisata Nongkosawit. Jurnal Pariwisata, 11(1), 28–39. https://doi.org/10.31294/par.v11i1.21456

Khairul. (2018). Kepuasan pengunjung di kawasan obyek wisata alam seribu batu dan obyek wisata alam bukit mojo kabupaten bantul. Gadjah Mada International Journal of Business.

Kristi, I., Evilliyanto, & Nurhakim, I. (2021). Potensi Obyek Wisata Bukit Kelam Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang. Jurnal Pendidikan Geografi Dan Pariwisata, 1(2), 18–24.

Kurniawan, F. (2023). Pengembangan Wisata Di Kaki Bukit Kelam Kecamatan Kelam Permai (Keling Kumang Agrowisata). Universitas Tanjungpura.

Lestari, G. A. M., Sudarijati, & Samsuri. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Taman Wisata the Effect of Service Quality on Tourism Park Visitors Satisfaction. Jurnal Visionida, 7, 54–66.

Moha, S., & Loindong, S. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Yuta Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 4(1), 575–584.

Nowacki, M. (2013). The Determinants Of Satisfaction Of Tourist Attractions’ Visitors.

Nurmala, Sullaida, & Damanhur. (2022). Pengaruh Fasilitas Wisata, Daya Tarik Wisata Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Wisata Pantai Ujong Blang Lhokseumawe. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 23(2), 73–78. https://doi.org/10.29103/e-mabis.v23i2.861

Paulus. (2022). Potensi dan Pengembangan Objek Wisata Bukit Kelam di Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang. YUME : Journal of Management, 5(2), 479–489. https://doi.org/10.2568/yum.v5i3.2891

Saputra, P. A., & Nugroho, A. (2017). Perancangan Dan Implementasi Survei Kepuasan Pengunjung Berbasis Web Di Perpustakaan Daerah Kota Salatiga. JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 15(1), 63. https://doi.org/10.12962/j24068535.v15i1.a636

Suhartapa, S., Sudaryana, A., & Supardi, S. (2024). Pengaruh Strategi Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada the Westlake Resto Yogyakarta. Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 18(1), 1. https://doi.org/10.47256/kji.v18i1.339

Sulistiyana, R. T., Hamid, D., & Azizah, D. F. (2015). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi Pada Museum Satwa ). Jurnal Administrasi Bisnis, 25(1), 1–9.

Tjiptono, F. (2015). Pemasaran Jasa. Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.47256/kji.v19i1.749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


______________________________________________________________________________________________________

Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.