PENGARUH PROMOSI ONLINE TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE SEA WORLD ANCOL

Tiffany Sudarmawan, Sofiani Sofiani

Abstract


Pengguna media sosial di Indonesia sangat banyak hal ini menjadikan media social seperti Instagram menjadi salah satu tempat untuk melakukan promosi atau yang dikenal dengan promosi online. Sea World Ancol merupakan destinasi wisata yang menampilkan banyak biota-biota air baik itu air laut maupun air tawar yang dapat kita lihat. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data primer dan sekunder. Dan sampel diambil menggunakan metode Purposive Sampling (Judgemental) dimana sampel dipilih berdasarkan kriteria tertentu, dengan jumlah populasi 296.000 yang berasal dari jumlah followers Instagram Sea World Ancol dan jumlah sampel yang diambil adalah 270 sampel. Hasil penelitian membuktikan hipotesis, dimana promosi online sendiri memberikan pengaruh sebesar 34,1% terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Sea World Ancol hal ini berdasarkan hasil uji koefisien determinasi.  Kesimpulan dari penelitian ini adalah promosi online memberikan pengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Sea World Ancol, untuk saran diharapkan pihak Sea World Ancol dapat lebih aktif lagi dalam mempromosikan Sea World Ancol melalui sosial media, terutama saat ini semakin banyak masyarakat yang menggunakannya sehari-hari sehingga jika promosi dilakukan dengan benar maka wisatawan akan tertarik untuk datang berkunjung serta melakukan kunjungan kembali ke Sea World Ancol.


Keywords


Promosi Online, Keputusan Berkunjung, Sea World Ancol

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI, Jakarta : PT Rineka Cipta, 2016.

Bowerman, B. L. (2017). Business Statistics in Practice Using Modeling, Data, and Analytics 8th Edition. New York: McGraw-Hill Education.

Jalilvand, Mohammad Reza dan Neda Samiei.2012. The Effect of Electronic Word of Mouth on Brand image and Purchase Intention: An empirical study in the automobile industry in Iran. Marketing Intelligence & Planning. Vol. 30 Iss: 4.

Kuspriyono T. (2017). Pengaruh Promosi Online dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Merek Sariayu Martha Tilaar. XV(2), 147–154

Nurgayatri, Ade Raisha. 2016. Pengaruh Promosi Online pada Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Brand Elmeira. e-Proceeding of Management. Vol. 3 (3).

Pamungkas A., Arifin R., & Hufron M. (2018). Pengaruh Produk, Persepsi Harga, Citra Destinasi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Tempat Batu Flower Garden Coban Rais. E-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma, 3, 16–26.

Sari R. P., & Suprajang S. E. (2020). Analisis Kualitas Layanan dan Promosi terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan (Studi Kasus pada Wisata Hutan Pinus Gogoniti, Kabupaten Blitar). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 5(2), 143–154.

Sekaran, Uma. 2013. Research Methods For Business, Edisi 4, Buku 2, Jakarta: Salemba Empat.

Silaban C. (2019). Pengaruh Promosi Online Akun Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Jasa BOGAR DELIVERY SERVICE. 6, 1–14.

Sugiyono. (2010). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.128. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Surgawi I. (2016). PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN DALAM MENGUNJUNGI OBJEK WISATA ( Studi pada Objek Wisata Puri Maerokoco Kota Semarang ). 5, 1–10.




DOI: http://dx.doi.org/10.47256/kji.v17i1.189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


______________________________________________________________________________________________________

Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.