MANAJEMEN KOMUNIKASI PEMBANGUNAN PARIWISATA DESTINASI ALAM DAN BUDAYA DALAM MENARIK KUNJUNGAN WISATAWAN PADA DESA WISATA HEGARMUKTI BEKASI

Syafa Hanna Fadliyah, Imaddudin Imaddudin

Abstract


Abstract

This research aims to find out the tourism development communication management carried out by the Hegarmukti Tourism Village in developing this Tourism Village and to find out the factors that are obstacles in the process of developing the Hegarmukti Tourism Village. The concept used in this research is the concept of communication management, which consists of, 1) Planning, 2) Organizing, 3) actuating, and 4) controlling, and there is also the concept of cultural tourism destinations, which is the basis for researching this research. The research method used is a qualitative method with a descriptive approach, the selection of informants was determined using purposive sampling techniques, data analysis techniques using Miles and Huberman and researchers using source triangulation. This research proves that the communication management stages of tourism development in the Hegarmukti tourist village have been carried out by the tourist village manager, and involve the surrounding community to empower the community. Hegarmukti Tourism Village is rich in natural and cultural tourist destinations. With full support from Pokdarwis and BUMDes, we are now implementing tourism development communication management to redevelop the Hegarmukti Tourism Village, so that it can attract tourist visits to the Hegarmukti Tourism Village. There are also several obstacles or obstacles in developing the Hegarmukti Tourism Village, so effective and appropriate solutions are needed to overcome these factors.

Keywords: Communication Management; Development; Tourism; Tourism Village

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui manajemen komunikasi pembangunan pariwisata yang dilakukan oleh Desa Wisata Hegarmukti dalam mengembangkan Desa Wisata ini dan mengetahui faktor yang menjadi penghambat dalam proses pengembangan Desa Wisata Hegarmukti. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini yaitu konsep manajemen komunikasi yaitu terdiri dari, 1) Perencanaan, 2) Pengorganisasian, 3) Penggerakan, dan 4) Pengawasan, serta terdapat juga konsep destinasi wisata budaya, yang menjadi dasar dalam meneliti penelitian ini. adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, pemilihan informan ditentukan dengan teknik purposive sampling, teknik analisis data menggunakan dari Miles dan Huberman dan peneliti menggunakan triangulasi sumber. Peelitian ini membuktikan bahwa tahapan manajemen komunikasi pembangunan pariwisata di desa wisata hegarmukti sudah dilakukan oleh pengelola desa wisata, dan melibatkan masyarakat sekitar untuk perdayaan masyarakat. Desa Wisata Hegarmukti kaya akan destinasi wisata alam dan budayanya. Dengan dukungan penuh dari pokdarwis, dan BUMDes, kini melaksanakan sebuah manajemen komunikasi pembangunan pariwisata guna mengembangkan kembali Desa Wisata Hegarmukti, sehingga dapat menarik kunjungan wisatawan ke Desa Wisata Hegarmukti. Terdapat juga beberapa faktor hambatan atau kendala-kendala dalam pengembangan Desa Wisata Hegarmukti, sehingga diperlukan solusi yang efektif dan tepat guna mengatasi faktor tersebut.

Kata Kunci: Manajemen Komunikasi; Pengembangan; Wisata; Desa Wisata


Keywords


Manajemen Komunikasi; Pengembangan; Wisata; Desa Wisata

Full Text:

PDF

References


Buku

A, Yoeti, Oka. 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata. Angkasa, Bandung.

Bungin & Burhan. (2008). Analisa Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Damanik, Janianton, 2013. Pariwisata Indonesia Antara Peluang Dan Tantangan, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

George Terry. 2014. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta. Bina Aksara.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Prasiasa, D. P. 2013. Destinasi Pariwisata. Jakarta. Salemba Humanika

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Tylor. E. B. (1871). Primitive Culture: Researches into The Development of Mythology, Philosophy, Religion, Art, and Custom.Vol I. London: Bradbury, Evans, and Co., Printers, Whitefriars.

Jurnal

Abdy Rezza Pradana. 2016. Analisis Program Pembangunan Desa Wisata Wonolopo Di Kota Semarang. Jurnal. Universitas Diponegoro Semarang

Anindita, (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kunjungan Ke Kolam Renang Boja. Semarang. jurnal ekonomi Universitas Diponegoro

Masly, D; Arief, A M. R, 2017. Potensi Daya Tarik Wisata Nagari Tuo Pariangan Sebagai Kawasan Desa Wisata Pariangan Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. Doctoral dissertation, Riau University

Nurhayati, N. (2017). Strategi Pemerintahan Desa Dalam Pengelolaan Wisata Local. Ponorogo. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Putra, A. M., & Ariana, N. J. (2021). Manfaat Pengembangan Desa Wisata Dari Aspek Alam, Sosial Budaya,. Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitality, 2-3

Theofilus Retmana P. (2013). Peran Pokdarwis Dalam Pengembangan Atraksi Wisata Di Desa Wisata Tembi, Kecamatan Sewon – Kabupaten Bantul. Jurnal Pengembangan Wilayah Dan Kota. Vol 9, No. 3

Yulianto, T. S. (2015). “Modal Sosial Masyarakat Dalam Pengembangan Pariwisata Di Desa Wisata Pentingsari Dan Sambi Kabupaten Sleman’ (Doctoral Dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Website

https://kbbi.web.id/budaya.html

https://kbbi.web.id/potensi.html

JDIH Kementrian Keuangan. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun

Tentang Kepariwisataan. Dipetik Oktober 10, 2023, dari

https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2009/10TAHUN2009UU.HTM

Peraturan Pemerintah Kebudayaan dan Pariwisata No: PM.26/UM.001/MKP/2010 Tentang Pedoman Umum Pnpm Mandiri Pariwisata Melalui Desa Wisata.




DOI: http://dx.doi.org/10.47256/kji.v18i2.425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


______________________________________________________________________________________________________

Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.