Dampak Media Sosial pada Ragam Bahasa Masyarakat

Fara Dinda M, Muhammad Mujaddid, Qeyzha Putri Rania

Abstract


Di era masyarakat modern ini berkomunikasi dengan semua orang di seluruh dunia menggunakan sosial media adalah sesuatu yang sangat dimungkinkan. Kehadiran media sosial telah membawa dampak yang sangat signifikan dalam cara melakukan komunikasi. Baik dampak positif seperti mempermudah akses komunikasi tanpa adanya batasan jarak dan waktu, mudahnya mencari segala informasi, berbagi pengalaman, dan sarana mengembangkan diri. Namun tidak dapat dipungkiri juga media sosial memunculkan dampak negatif, seperti kurangnya komunikasi efektif secara langsung ketika bersama keluarga di rumah, banyaknya informasi-informasi negatif atau hoaks yang tersebar dimana-mana. Proses komunikasi yang dilakukan tentu saja melibatkan ragam bahasa tulis dan juga lisan. Pada media sosial sendiri yang biasa digunakan yaitu ragam bahasa nonformal atau biasa disebut bahasa gaul “slang”. Penyebab maraknya penggunaan bahasa “slang” ini karena bahasanya sendiri yang cenderung simpel, tidak terikat aturan atau kaidah kebahasaan seperti kata baku, ejaan, dan sebagainya. Ketidakbakuan penggunaan bahasa dalam media sosial disebabkan oleh teknologi itu sendiri dan dipengaruhi oleh budaya, bahasa daerah, serta serapan bahasa di media sosial. Banyaknya ragam bahasa ini salah satunya karena budaya dan keberagaman yang ada di Indonesia

Full Text:

PDF

References


Ambar. (2017). 4 Pengaruh Media Sosial dalam Komunikasi dan Penjelasan Lengkap -

PakarKomunikasi.com.

Ananda, E. P. (2023). Daya Minat dalam Penggunaan Bahasa Inggris dan Pengaruhnya terhadap Komunikasi

Masyarakat Indonesia. In Hypotesis: Multidisciplinary Journal of Social Sciences (Vol. 01).

Anggini, N., Nabila, ) ;, Afifah, Y., & Syaputra, ) ; Edi. (2022). Pengaruh Bahasa Gaul (SLANG) Terhadap

Bahasa Indonesia Pada Generasi Muda. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(3), 143–148.

Anggraini, S., & Fauziyah, N. (2023). Eksistensi Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Jejaring Media

SosialFcebook. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1).

Arsanti, 1meilan, & Setiana, N. (n.d.-a). Pudarnya Pesona Bahasa Indonesia di Media Sosial (Sebuah Kajian

Sosiolinguistik Penggunaan Bahasa Indonesia).

Asiah, M. N. (2021). Dampak Penggunaan Bahasa Di Media Sosial Bagi Kalangan Remaja.

Https://Kumparan.Com/Asiah-Sumardi/Dampak-Penggunaan-Bahasa-Di-Media-Sosial-Bagi-KalanganRemaja-1wdqlB1Hf7I.

Ayu, D., Khrisna, N., Septianasari, L., Baihaqi, Y., & Abqoriyyah, F. H. (n.d.). The Necessity of Producing A

High-Quality Translation of Captions in Radya Pustaka Museum.

Bp, N. A., & Hukum, J. I. (n.d.). Pengaruh Bahasa di Media SosialTerhatadPenggunaan BahasaSehariharipadaRemaja.

Cahyani, N. P., & Utami, P. (2021). AnalisisRagam Bahasa Istilahdalam IklanPariwisata di Media Digital

padaMasa Pandemi Covid-19. 4(1).

Dwi, A. (2017). Komunikasi Adalah: Pengertian, Jenis dan Tujuanya. Fisip.Umsu.Ac.Id.

Fitriani, S., & Hernawati, N. (2023). Dampaknya Gaya Bahasa di Media Sosial (Vol. 1, Issue 2).

G., M. G. (2018). Gaya Bahasa Pengetahuan dan Penerapan. Intan Pariwara.

Harlin, K. B. (2019). Pemakaian Bahasa dalam Media Sosial.

Jurnal, B. :, Bahasa, K., Indonesia, S., Pembelajarannya, D., Ode, L., & Raditya, M. S. (n.d.). Penggunsan

Bahasa Gaul (Bahasa Alay) di Twitter. http://journal2.um.ac.id/index.php/basindo

Mulyaningsih, I. (2023). Kebiasaan Berbahasa di Media Sosial: Kajian Psikolinguistik. Aksara, 35(1), 106.

https://doi.org/10.29255/aksara.v35i1.1237.106--115

Nandy. (2022). Pengertian Media Sosial, Sejarah, Fungsi, Jenis, Manfaat, dan Perkembangannya.

Gramedia.Com.

Ngurah, G., & Putrayasa, K. (n.d.). Ragam Bahasa Indonesia UniversitasUdayanaFakultasIlmuBudaya

Program Studi Sastra Indonesia 2018.

Nuraini Nuraini, Loudwig Agustinus Purba, Sherly Anggreni Hasari Br Ginting, & Fitriani Lubis. (2023).

Bahasa Gaul Di Media Sosial Dan Ancaman Terhadap Kebudayaan Bahasa Indonesia Pada Remaja. Jurnal

Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(2), 23–36. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v2i2.774

Octorina, I. M., Karwinati, D., Aeni, E. S., Siliwangi, I., & Id, A. C. (2018). Pengaru Bahasa di Media

SosialBagiKalanganRemaja.

Sohibudin Alfarisi, A., Sohibudin Alfarisi Universitas Langlangbuana Jl Karapitan No, A., & Bandung Jawa

PENULIS PERTAMA / JURNAL HARMONI NUSA BANGSA- VOL. X. NO. X

Barat Indonesia, K. (2023). Dampak dan Pengaruh Bahasa di Media Sosial. (XXXX) Student Scientific Creativity

Journal, 1(3).

Sulandjari, R., Wulan, H. S., Amboningtyas, D., & Hasiholan, L. B. (2023). Efektifitas Komunikasi Media

Sosialdalam MemahamiPeranElsimil untukMenekanAngkaStunting di Indonesia. In Jurnal Egaliter (Vol. 7,

Issue 12).

Tim Humas. (2022). Pengertian Media Sosial dan Jenis-jenisnya – Universitas Islam An Nur Lampung.

Vydia, V., Kom, S., Kom, M., Irliana, N., Savitri, A. D., Psi, S., & Psi, M. (2014). Pengaruh Sosial Media

Terhadap Komunikasi Interpersonal dan Cyberbullying Pada Remaja (Vol. 12, Issue 1).

Wibisono, & Anton. (n.d.). Memahami Metode Penelitian Kualitatif.

Widi, S. (2023, February 3). Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023.

Dataindonesia.Id.

Yonatan, A. Z. (2023). Menilik Pengguna Media Sosial Indonesia 2017-2026.

Https://Data.Goodstats.Id/Statistic/Agneszefanyayonatan/Menilik-Pengguna-Media-Sosial-Indonesia-2017-

-XUAlp. Https://Data.Goodstats.Id/Statistic/Agneszefanyayonatan/Menilik-Pengguna-Media-SosialIndonesia-2017-2026-XUAlp.

Steffenello Ghisleni, T., Karina Rodrigues Pereira, V., & Frainer Knoll, G. (n.d.). THE NEW ERA OF

COMMUNICATION: advertising in the context of social media A NOVA ERA DA COMUNICAÇÃO:

publicidade e propaganda no contexto das mídias sociais LA NUEVA ERA DE LA COMUNICACIÓN:

publicidad em el contexto de las redes sociales (Vol. 6, Issue 6).




DOI: http://dx.doi.org/10.47256/jhnb.v1i2.293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


______________________________________________________________________________________________________

Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.