Pengaruh Interaksi Teman Sebaya terhadap Karakter Individu
Abstract
Interaksi merupakan suatu hal yang tidak bisa lepas dari manusia sebagai makhluk sosial. Salah satunya adalah interaksi teman sebaya. Interaksi dengan teman sebaya atau peer group merupakan satu faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter karena dalam lingkungan pertemanan terdapat hubungan yang saling mempengaruhi, mengubah, bahkan memperbaiki sikap dan kepribadian individu. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah interaksi dengan teman sebaya mempengaruhi pembentukan karakter, sikap, dan perilaku pada seseorang yang akan menginjak dewasa. Dalam pengambilan data metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian yang didapatkan, narasumber setuju bahwa interaksi dengan teman sebaya mempengaruhi karakter dan perilaku seseorang, baik pada seseorang yang memiliki lingkungan pertemanan positif maupun negatif. Namun, untuk dapat terbawa ke dalam pengaruh yang baik atau buruk akan kembali kepada individu masing-masing yang di mana seseorang pasti akan dapat membedakan mana pengaruh yang baik dan buruk.
References
Agusta, I. (1992). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 02(1998), 1–11.
Al-munawir, A. H., & Islam, J. D. (2013). Asrul Muslim. Interaksi Sosial Dalam Masyarakat Multietnis Asrul, 1, 484–494.
Desiani, T. (2020). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII MTs Negeri 3 Kabupaten Tangerang. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 1(1), 47–68. https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i1.70
Dylan Trotsek. (2018). Pertemanan. Journal of Chemical Information and Modeling, 110(9), 1689–1699.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif.
Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Hartanti, D. R. (2023). Peran Teman Sebaya Dalam Membentuk Kepribadian Islam pada Masa Dewasa Muda (Usia 18-23 Tahun). Journal Analytica Islamica, 12(1), 112–129. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/article/download/15747/6807
Kolip, E. M. S. & U. (2011). Pengantar Sosiologi. Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial: Teori, Aplikasi, dan Pemecahannya. (Cetakan II).
Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. (2018). Peran teman sebaya dalam pembentukan karakter siswa Madrasah Tsanawiyah. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 149–163. https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22674
Maulana, H. (2022). Peran Teman Sebaya Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Diera Digitalisasi. 3(2), 147–161.
Mustikaningsih, A. (2015). Pengaruh Fungsi Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Agresivitas Siswa Di Sma Negeri 3 Klaten. Universitas Negeri Yogyakarta, 13(3), 1576–1580.
Pratiwi, Ahasty Putri Nurlaili Syarifin, A. (2020). Interaksi Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial (Studi Kasus Anak Usia 5-8 Tahun di Desa Giri Kecana RT 03 RW 04 Kecamatan Ketahun). Journal Of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 105–118.
Pratomo, W., Nadziroh, N., & Chairiya. (2021). Peran teman sebaya dalam penanaman pendidikan karakter pada masa pandemi di SDN Andong Boyolali. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 137–144.
Romlah, S. (2017). Frase ‘Antara Lain’ Sebagai Awal Alasan Yang Lain Dalam Pembatalan Putusan Arbitrase. 1, 87–88.
Sari, N. P. (2015). Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Dan Penalaran Moral Terhadap Kontrol Diri Siswa SMKN 1 Kasian. 50–61.
Sarinastitin, E. (2019). Pendidikan Holistik Integratif Dan Terpadu Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Early Childhood Education Journal of Indonesia, 2(1), 11–17.
Syafrina, A. E. (2023). Komunikasi Kelompok Komunitas Film Fakultas Ilmu Komunikasi ( Koffi ) Universitas Bhayangkara Jakarta Raya dalam Mengatasi Konflik Annisa Eka Syafrina dengan individu lain serta lingkungan sekitarnya . tanpa bantuan orang lain . Karenanya , bergabung meme. VIII(1), 1–14.
Sylvia Sabarofek, M., & Ester Sawaki, M. (2017). Pengaruh karakteristik individu, budaya kerja dan perilaku individu terhadap kinerja pegawai: studi kasus pada pt. Televisi mandiri papua. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 12(2), 1–14.
Yogi. (2020). Jahatnya Kakak Kelas yang Colok Mata Siswa SD hingga Buta, Kerap Palak Korban hingga Tak Bisa Jajan. Tribun Jakarta. https://jakarta.tribunnews.com/2023/09/18/jahatnya-kakak-kelas-yang-colok-mata-siswa-sd-hingga-buta-kerap-palak-korban-hingga-tak-bisa-jajan
Yusuf Kurniawan, A. S. (2020a). Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Dan Penalaran Moral Terhadap Kontrol Diri Siswa SMKN 1 Kasian. IAIN Tulungagung, 1–12.
Yusuf Kurniawan, A. S. (2020b). the Role of Peers in the Character Building of the Students of. IAIN Tulungagung, 1–12.
DOI: http://dx.doi.org/10.47256/jhnb.v2i1.302
Refbacks
- There are currently no refbacks.
______________________________________________________________________________________________________
Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.