Sikap Keaktifan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila
Abstract
Pendidikan Pancasila berperan penting dalam membentuk sikap peserta didik. Dalam prosesnya yang paling dasar, Pendidikan Pancasila juga mengajarkan bagaimana setiap individu menjalani hidup mereka, dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas X BC2 di SMKN 6, Kota Tangerang Selatan adalah cukup baik di lihat dari hasil yaitu: Peserta didik berperan aktif dalam belajar di kelas. Peserta didik memiliki caranya tersendiri untuk memahami materi agar dapat turut aktif dalam bertanya, menjawab dan menyampaikan pendapat dengan memperhatikan guru. namun ada beberapa peserta didik yang masih belum berperan aktif dalam pembelajaran, hal ini karena ada beberapa factor penyebabnya yaitu peserta didik masih memiliki sikap, takut bertanya, malu dalam menjawab karena memiliki kekhawatiran tidak sesuai dengan materi yang sedang diberikan.
Kata Kunci: Sikap, Keaktifan, Peserta didik, Pendidikan Pancasila
Full Text:
PDFReferences
UU SISDIKNAS No.20 Tahun 2003, tentang Tujuan Pendidikan Nasional
Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March)
Ajhuri, M.A, K. F. (2019). Psikologi Perkembangan Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.
Nursapia Harahap, M. . (2020). Penelitian Kualitatif. Medan: Wal ashri Publishing
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet
Riyanto, Y. (2007). Metodologi penelitian pendidikan kualitatif dan kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press
Arifin, B. (2018). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Peserta Didik. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 9(2), 1–20. https://doi.org/10.36835/falasifa.v9i2.115
Asrori, M. (2016). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah, 6(2), 26. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3301
Hudaya, A. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik. Research and Development Journal of Education, 4(2),86–97. https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380
Kartidie, K., Gunarhad, G., & Petriati, P. (2020). Bagaimana Pengaruh Keaktifan Belajar Terhadap Sikap Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama yang ada di Palangkaraya? Journal Evaluation in Education (JEE), 1(4), 115–124. https://doi.org/10.37251/jee.v1i4.150
Kartoni, N., da Alinurdin, A. (2021). Penngaruh Model pembelajaran Brainstorming Terhadap sikap Percaya Diri Siswa Pada pelajaran PPKn. Instruksional, 2(2), 37. https://doi.org/10.24853/instruksional.2.2. 37-42
Laelatu Badriah. (2018). Pembelajaran tematik sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal. Vol 2(2). 254-270. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/view/4388/2854
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
DOI: http://dx.doi.org/10.47256/jhnb.v1i1.344
Refbacks
- There are currently no refbacks.
______________________________________________________________________________________________________
Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.