Analisis Fonologi Pemerolehan Bahasa Anak pada Usia 2,4 Tahun
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pemerolehan vokal pada anak usia 2 tahun 4 bulan, (2) untuk mengetahui pemerolehan konsonan pada anak usia 2 tahun 4 bulan, dan (3) untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi pemerolehan fonologi pada anak usia 2 tahun 4 bulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Wawancara, observasi, catatan harian, dokumentasi, dan rekaman adalah semua metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pemerolehan bunyi vokal pada anak usia 2 tahun 4 bulan yang paling banyak adalah huruf [a] di tengah dengan jumlah 32, [i] di tengah dengan jumlah 14, [u] di tengah dengan jumlah 13, [e] di tengah dengan jumlah 11, [o] di tengah dengan jumlah 4. Selanjutnya, pengucapan vokal gabungan [au] berjumlah 2, [ai] berjumlah 1, dan [ua] berjumlah 1. Sementara itu, jumlah huruf konsonan bilabial yang diucapkan oleh Keenand yang paling banyak adalah [p] berjumlah 7 dan [m] berjumlah 7. Jumlah huruf konsonan alveolar yang paling banyak adalah [s] dengan jumlah 6. Jumlah huruf konsonan palatal yang paling banyak adalah [c] berjumlah 4. Jumlah huruf konsonan velar yang paling banyak [k] berjumlah 2.
Full Text:
PDFReferences
Asriani, P., Afuri, R., Afriana, R., & Riau, U. I. (2023). Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia Dini. Sajak, 2(2), 185–190. https://doi.org/https://journal.uir.ac.id/index.php/sajak/article/view/11770/5398
Dardjowidjojo, S. (2014). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Yayasan Obor Indonesia.
Diastuti, I. M. (2019). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 1,5 Tahun. Pendidikan Tambusai, 3(4). https://doi.org/https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/292/270
Elberti, I. P. (2021). Pemerolehan Bahasa Anak Usia Dua Tahun Dalam Bahasa Sehari - Hari. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 46–57. https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i2.3682
Firdhayanty, F. (2021). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 sampan 4 Tahun: Kajian Psikolinguistik. Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 1(1), 45–50. https://doi.org/10.59562/wl.v1i1.27466
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Rahmawati, Y. (2020). Analisis sintaksis pemerolehan bahasa anak usia 2,1 tahun. Jurnal Sastra Indonesia, 9(3), 158–164. https://doi.org/10.15294/jsi.v9i3.42793
Sentosa, A. R., & Apriliani, N. (2020). Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia Dini (Kajian Psikolinguistik). Seminar Nasional Pendidikan, 1–7.
Setiawan, C., Muamaroh, D. N. N., & Wargadinata, W. (2023). Proses Pemerolehan Bahasa Anak Usia Dini pada Tataran Fonologi: Analisis Psikolinguistik. Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 22–32. https://doi.org/10.26418/ekha.v6i1.60446
Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160
Yanti, P. G. (2016). PEMEROLEHAN BAHASA ANAK: KAJIAN ASPEK FONOLOGI PADA ANAK USIA 2 - 2,5 TAHUN. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(2), 131–141. https://doi.org/10.22236/imajeri.v2i2.5084
DOI: http://dx.doi.org/10.47256/jhnb.v1i2.413
Refbacks
- There are currently no refbacks.
______________________________________________________________________________________________________
Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.