Pemanfaatan Microsoft Excel untuk Pengolahan Penilaian Sumatif Hasil Belajar Siswa PAI dalam Kurikulum Merdeka
Abstract
Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan menjadi suatu kebutuhan yang penting, terutama dalam konteks Kurikulum Merdeka di Indonesia. Salah satu teknologi yang memiliki potensi besar untuk mendukung proses pembelajaran adalah Microsoft Excel. Penelitian ini bertujuan mengkaji pemanfaatan Aplikasi Microsoft Excel dalam pengolahan penilaian hasil belajar siswa PAI dalam Kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan meta-sintesis dengan teknik analisis data kualitatif berupa studi pustaka yang digunakan dalam penelitian untuk mengumpulkan informasi tentang konsep kurikulum merdeka, teknologi Microsoft Excel dan penggunaannya dalam konteks pendidikan. Buku, artikel, jurnal, internet, youtube yang relevan dengan topik penelitian menjadi rujukan dalam pengumpulan data. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Microsoft Excel dapat membantu guru dalam mengelola data hasil belajar siswa secara efisien dan lebih mudah dalam membuat sebuah penilaian secara otomatis serta menyajikan informasi secara visual. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan pendidikan agama Islam di Indonesia, khususnya dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam Kurikulum Merdeka. Selain itu, penelitian ini dapat menjadi inspirasi bagi pendidik dan peneliti untuk lebih memanfaatkan teknologi dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di Indonesia, sehingga dapat tercipta pemahaman yang lebih luas tentang pentingnya integrasi teknologi dalam PAI.
DOI: http://dx.doi.org/10.47256/jhnb.v2i1.481
Refbacks
- There are currently no refbacks.
______________________________________________________________________________________________________
Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.